Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Cairan Disinfektan Bila Kena Lapisan Krom Kendaraan

Kompas.com - 02/04/2020, 14:53 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu langkah yang dilakukan masyarakat untuk menghentikan penyebaran wabah virus corona, adalah dengan menyemprot cairan disinfektan.

Penyemprotan ini juga dilakukan pada kendaraan, baik roda dua atau roda empat.

Cairan disinfektan mengandung berbagai zat kimia. Zat-zat yang terkandung di dalam disinfektan ini diklaim masih cukup aman untuk kendaraan. Asalkan, tidak dilakukan terus menerus dan kendaraan lekas dicuci.

Baca juga: Layanan Servis Rumah Yamaha Dilengkapi Cairan Disinfektan

Dampak buruk dari cairan disinfektan ini tidak hanya berlaku pada bodi atau cat kendaraan saja. Pada komponen kendaraan yang dilapisi krom juga menimbulkan dampak.

Jawara Kustomfest 2018 - The 29 Kromworks Jawara Kustomfest 2018 - The 29 Kromworks

Mohammad Salahudin Efendy, pemilik Gemilang Chrome Expert di bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan, mengatakan, cairan disinfektan masih aman pada lapisan krom. Namun, jangan dibiarkan cairan menempel terlalu lama.

"Cairan disinfektan yang menempel terlalu lama pada media yang dilapisi krom dapat meninggalkan bercak atau waterspot," ujar pria yang akrab disapa Sholeh, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perlukah Menyemprotkan Cairan Disinfektan di Mobil dan Motor

Shaleh menambahkan, cairan disinfektan yang menempel bisa dibilas dengan air biasa. Setelah itu, cukup dilap pakai lap biasa.

"Saat mencuci, cukup gunakan sabun cuci piring yang cair. Jangan pakai produk apapun untuk perawatan krom," kata Sholeh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com