Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Selama PSBB Jakarta, Tetap Bisa Bersihkan Noda Aspal di Mobil

Kompas.com - 11/04/2020, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipakai bepergian, biasanya muncul noda aspal yang menempel di bodi mobil. Terutama, di bagian sekitaran roda atau di bumper depan. Biasanya, hal ini terjadi jika Anda melewati jalan yang aspalnya belum kering dengan sempurna.

Noda aspal berbeda dengan debu atau lumpur, karena lebih sulit untuk dihilangkan. Tapi, bukan berarti nodanya tidak bisa dibersihkan. Tidak perlu juga keluar rumah untuk ke salon mobil demi menghilangkan nodanya.

Baca juga: Hari Pertama PSBB Jakarta, 81 Kendaraan Masih Langgar Aturan

Ada cara khusus untuk membersihkannya agar tidak merusak lapisan cat mobil. Cara paling mudah adalah menggunakan tar remover, seperti yang sudah banyak beredar di pasaran.

Poles mobilAutodetailing Poles mobil

Muhammad Edy, Sales and Technical Product PT Mega Auto Prima (Sonax), menyarankan, untuk mencuci mobil terlebih dahulu sebelum membersihkan noda aspal. Tujuannya, agar debu pasir tidak membuat bodi mobil menjadi baret atau lecet.

"Untuk kondisi noda aspal yang tidak terlalu parah, bisa menggunakan clay bar. Sementara untuk noda yang cukup parah, bisa menggunakan tar remover," ujar Edy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Paskalis Carol, Marketing Support HD Car Care, penggunaan tar remover termasuk mudah. Cukup semprotkan saja ke permukaan yang akan dibersihkan, tunggu sekitar 30 detik sampai 60 detik, lalu lap dengan kain microfiber.

Baca juga: Pengendara yang Tak Penuhi Syarat Melintas PSBB Jakarta Bakal Dipulangkan

"Biasanya, jika panel bodi mengandung aspal, maka foam yang disemprotkan akan berubah warna menjadi coklat," kata Paskalis.

Setelah noda aspal hilang, sebaiknya lakukan perawatan dengan menggunakan polish & wax. Selain bisa mengembalikan warnanya menjadi cerah kembali, juga bisa memberikan perlindungan pada catnya.

Penting untuk diingat, jangan menggunakan bensin, karena akan membuat cat pada bodi mobil menjadi tampak kusam. Cairan lain yang bisa digunakan adalah minyak kayu putih. Namun, perlu usaha ekstra untuk menghilangkan noda aspal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com