Saat PSBB Jakarta, Polisi Razia Posisi Tempat Duduk Bus

Kompas.com - 11/04/2020, 13:02 WIB
razia bus kesatu.corazia bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di DKI Jakarta sudah mulai berlaku sejak Jumat (10/4/2020). Masyarakat tetap boleh beraktivitas dengan kendaraan umum atau pribadi, tetapi harus membatasi kapasitas penumpangnya.

Pada kendaraan umum yang tetap beroperasi saat PSBB, hanya boleh mengangkut setengah dari kapasitas kursinya. Misalnya bus bisa mengangkut 50 orang, hanya boleh diisi oleh 25 penumpang agar ada jarak aman antar penumpang.

Sejak kemarin, sudah dilaksanakan pengawasan yang dilakukan oleh Polisi terkait jumlah penumpang dari kendaraan, termasuk bus. Untuk sementara, petugas masih melakukan sosialisasi terkait pembatasan jumlah penumpang pada kendaraan.

Baca juga: Andre Taulany Beli Mobil Klasik Fiat 500, Harganya Lebih Mahal dari Xpander

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan, sosialisasi kepada pengendara akan terus dilakukan sampai hari Minggu (12/4/2020).

“Kalau ini masih sebatas sosialisasi dulu, belum ada penindakan. Kalau ada yang melanggar akan tetap ditegur dulu, seperti kalau ada pengendara yang tidak mengenakan masker, sarung tangan, atau jumlah penumpang lebih,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (10/4/2020).

Baca juga: Selama PSBB Jakarta, Ini yang Diperiksa Polisi Saat Razia Kendaraan

Hal ini juga dilakukan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang akan masuk dan keluar dari DKI Jakarta.

Pemeriksaan yang dilakukan pada bus, yaitu dengan menghitung jumlah penumpang agar sesuai dengan aturan 50 persen dari kapasitas tempat duduk.

Selain itu dengan meminta penumpang yang ada di dalam bus agar duduknya berjauhan. Seperti pengecekan bus yang dilakukan Sat PJR Dit Lantas Polda Metro Jaya di gerbang tol Cikunir.

Petugas mengingatkan agar penumpang saling menjaga jarak. Petugas meminta penumpang agar tidak duduk bersampingan, harus ada jarak satu kursi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X