Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Jakarta, Simak Daftar Satpas SIM yang Masih Buka

Kompas.com - 10/04/2020, 08:32 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah disetujui Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) resmi berlaku hari ini, Jumat (10/4/2020), sesuai dengan yang diusulkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya.

Regulasi perihal PSBB tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, dan secara lebih rinci di Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Berdasarkan aturan tersebut, sejumlah instansi pemerintah maupun swasta harus tutup untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Namun bagaimana dengan pelayanan SIM?

Baca juga: Kendaraan yang Tak Patuh Aturan Saat PSBB Jakarta Bakal Kena Tilang?

 

Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.Istimewa Seorang petugas tengah membersihkan fasilitas pengujian di Satpas SIM untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, mengatakan, pelayanan Satpas, Gerai SIM, SIM Keliling, SIM Internasional tutup sementara dari 24 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020.

“Meski begitu masih ada beberapa Satpas SIM yang melakukan pelayanan penerbitan SIM baru, SIM hilang, dan SIM rusak, khususnya di lokasi Satpas Jajaran Polda Metro Jaya,” ujar Hedwin kepada Kompas.com (9/4/2020).

Menurutnya ada enam lokasi Satpas tersebut, pertama Satpas SIM Polda Metro Jaya yang berada di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Baca juga: Aturan tentang PSBB Jakarta, Akses Keluar Masuk Kendaraan Tak Dibatasi

 

Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)

Kemudian Satpas SIM Polres Metro Tangerang Kota di Jalan Daan Mogot, Tangerang, Banten. Dan Satpas Polres Tangerang Selatan di Jalan Makam Seribu, Serpong, Tangerang Selatan. Serta Satpas Polres Kota Depok di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

Tak ketinggalan Satpas Polres Metro Bekasi Kota di Jalan Pramuka, Kota Bekasi, Jawa Barat. Juga Satpas Polres Metro Bekasi Kabupaten yang berada di Jalan Inspeksi Kalimalang, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“Jadi selama PSBB hanya Satpas tersebut yang masih melaksanakan pelayanan,” kata Hedwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com