Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Hentikan Produksi Pabrik Hino di Indonesia

Kompas.com - 09/04/2020, 15:58 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comVirus corona atau Covid-19 telah mempengaruhi beragam aspek dalam kehidupan.

Dari sektor otomotif, penjualan kendaraan penumpang telah mengalami perlambatan, begitu juga pada pasar kendaraan komersial.

Produksi kendaraan pun kena imbas, sebab beberapa rantai pasokan komponen impor dari luar negeri juga mengalami gangguan.

PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), selaku pabrik perakitan truk dan bus merk Hino pun melakukan beberapa kebijakan.

Baca juga: PSBB Jakarta Berlaku Jumat, Ini Syarat Melintas Motor dan Mobil Pribadi

Stok kendaraan niaga di pabrik HinoIstimewa Stok kendaraan niaga di pabrik Hino

Masahiro Aso, Presiden Direktur PT HMMI, mengatakan, perusahaan akan menghentikan kegiatan produksi untuk sementara waktu dari tanggal 13 hingga 24 April 2020.

Namun, perihal aktivitas lain yang tidak terkait dengan produksi tetap berlangsung sesuai keperluan dan terbatas, serta menerapkan social distancing hingga kerja dari rumah (WFH).

“Langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan yang tengah dilakukan,” ujar Aso, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (9/4/2020).

Baca juga: Aturan tentang PSBB Jakarta, Akses Keluar Masuk Kendaraan Tak Dibatasi

Hino mengadakan program diskon servis dan suku cadang bagi armada kendaraan komersial yang kebanjiran.HMSI Hino mengadakan program diskon servis dan suku cadang bagi armada kendaraan komersial yang kebanjiran.

“Dan tetap melakukan tindakan yang terbaik untuk memberikan rasa aman dan lingkungan yang sehat untuk semua stakeholder kami,” katanya.

Walaupun pabrik mengalami penutupan, Aso mengatakan, untuk stok unit penjualan di Indonesia masih dalam status aman.

Perihal rencana penutupan pabrik pun telah diinformasikan kepada seluruh pihak yang terkait. Begitu juga dengan layanan penjualan dan purna jual, masih tetap beroperasi.

Baca juga: Kendaraan yang Tak Patuh Aturan Saat PSBB Jakarta Bakal Kena Tilang?

Diler Hino di Tasikmalaya telah meningkat dari 1S menjadi 3S.Dok. HMSI Diler Hino di Tasikmalaya telah meningkat dari 1S menjadi 3S.

“Tidak ada halangan dari kami untuk terus memberikan pelayanan total support guna memastikan kepuasan konsumen,” ucap Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), dalam kesempatan yang sama.

“Kami pun terus memantau perkembangan situasi dan melakukan penyesuaian agar layanan kepada konsumen tetap dapat diberikan,” ujar Uchida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com