Di Rumah Saja, Begini Cara Merawat Jok Motor yang Benar

Kompas.com - 09/04/2020, 10:22 WIB
Ketebalan busa jok motor Stanly/OtomaniaKetebalan busa jok motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat jok sepeda motor merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan, terutama saat musim kemarau seperti ini. Sambil melaksanakan imbauan pemerintah untuk di rumah aja, cara membersihkan jok motor cukup lap dengan kain halus.

Jok motor biasanya berbahan kulit sintetis atau calps spon. Bahan tersebut cukup rentan bila terkena air plus bahan kimia seperti sabun. 

“Membersihkan jok motor itu mudah, hanya perlu lap dengan cairan khusus atau sabun yang sudah banyak tersedia di minimarket atau supermarket terdekat,” ujar pemilik bengkel spesialis jok motor Relaxseat Modification, Andry Herdiyana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Bisa Sambil WFH, Begini Cara Deteksi Keausan Kampas Rem Mobil

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Andry mengingatkan, jangan juga terlalu sering mencuci jok, karena justru bisa menimbulkan kerutan atau retakan, akibat efek bahan kimia yang terkandung pada sabun itu. Selain itu, busa jok juga bisa menjadi lebih cepat keras, karena ada air yang masuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dampak WFH, Penyakit Ini Kerap Muncul pada Mobil yang Jarang Dipakai

Andry juga menyarankan untuk menghindari penggunaan cairan pelicin agar jok terlihat mengilap.

“Cairan pelicin tersebut aslinya tidak diperkenankan untuk jok motor, tetapi lebih ke ban motor agar terlihat mengilap. Terkadang ada beberapa konsumen yang tidak membaca kegunaan cairan tersebut,” ujar Andry.

Bila ada noda pada jok, bisa memanfaatkan minyak kayu putih secukupnya, lalu lap dengan kain halus. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.