Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Saja, Begini Cara Merawat Jok Motor yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat jok sepeda motor merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan, terutama saat musim kemarau seperti ini. Sambil melaksanakan imbauan pemerintah untuk di rumah aja, cara membersihkan jok motor cukup lap dengan kain halus.

Jok motor biasanya berbahan kulit sintetis atau calps spon. Bahan tersebut cukup rentan bila terkena air plus bahan kimia seperti sabun. 

“Membersihkan jok motor itu mudah, hanya perlu lap dengan cairan khusus atau sabun yang sudah banyak tersedia di minimarket atau supermarket terdekat,” ujar pemilik bengkel spesialis jok motor Relaxseat Modification, Andry Herdiyana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Andry mengingatkan, jangan juga terlalu sering mencuci jok, karena justru bisa menimbulkan kerutan atau retakan, akibat efek bahan kimia yang terkandung pada sabun itu. Selain itu, busa jok juga bisa menjadi lebih cepat keras, karena ada air yang masuk.

Andry juga menyarankan untuk menghindari penggunaan cairan pelicin agar jok terlihat mengilap.

“Cairan pelicin tersebut aslinya tidak diperkenankan untuk jok motor, tetapi lebih ke ban motor agar terlihat mengilap. Terkadang ada beberapa konsumen yang tidak membaca kegunaan cairan tersebut,” ujar Andry.

Bila ada noda pada jok, bisa memanfaatkan minyak kayu putih secukupnya, lalu lap dengan kain halus. 

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/09/102200915/di-rumah-saja-begini-cara-merawat-jok-motor-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke