Kompas.com - 06/04/2020, 07:02 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada masyarakat untuk menggunakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah.

Perintah Anies tercantum dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali. Menggunakan jenis masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci,” ujar Anies, dalam seruan yang diterima Kompas.com (4/4/2020).

Baca juga: Daihatsu Taft Reborn Jadi Lebih Mungil, Siap Dijual Juni 2020

 

Berkaitan dengan kebijakan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, juga telah menginstruksikan soal penggunaan masker di semua moda transportasi umum.

Termasuk kepada seluruh penumpang di semua stasiun, terminal, halte, bus, gerbong kereta, dan angkutan umum.

“Sebagaimana seruan Gubernur No 9 Tahun 2020 tentang Penggunaan Masker untuk Mencegah Penularan Covid-19, kami mengimbau kepada masyarakat untuk berdiam diri di rumah,” ujar Syafrin saat dihubungi, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Siapa yang Harus Mengalah Saat di Jalan, Pemotor atau Pengemudi Mobil?

 

Warga duduk dengan menerapkan social distancing atau saling menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau para penumpang untuk menjaga jarak aman dengan penumpang lainnya, minimal dalam radius satu meter.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga duduk dengan menerapkan social distancing atau saling menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020). PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau para penumpang untuk menjaga jarak aman dengan penumpang lainnya, minimal dalam radius satu meter.

“Dan jika ada aktivitas diluar rumah selalu gunakan masker termasuk saat Anda berada di angkutan umum,” katanya.

Syafrin juga mengatakan, bagi masyarakat yang tak mengindahkan aturan tersebut bakal disiapkan hukuman yang setimpal.

“Bagi mereka yang tak menggunakan masker saat naik transportasi umum sanksinya adalah tidak akan dilayani,” ucap Syafrin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.