Jadwal MotoGP 2020 Terbaru, Kembali Mundur

Kompas.com - 03/04/2020, 07:32 WIB
Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP) LILLIAN SUWANRUMPHAPebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, MotoGP Jerez yang rencananya digelar 3 Mei kembali mundur sampai tanggal yang belum ditentukan. Dengan begitu, seri pertama berpindah ke MotoGP Le Mans pada 17 Mei.

Sayangnya, belum lama ini MotoGP Le Mans juga resmi diundur. Sirkuit Le Mans juga belum dijadwalkan ulang kapan siap menjadi tuan rumah MotoGP.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2020 Tidak Akan Mundur Sampai Tahun Depan

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan penundaan Shark Helmets Grand Prix de France, yang akan digelar di Bugatti Circuit di Le Mans pada 15 Mei hingga 17 Mei. Penyebaran virus Corona telah memaksa penyelenggaraan untuk dijadwalkan ulang," tulis pernyataan resmi dari MotoGP, dikutip dari Crash.net.

MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR MotoGP Qatar 2020 berjalan tanpa digelarnya kelas MotoGP karena wabah virus Corona.. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Seri pertama pun berpindah lagi menjadi MotoGP Mugello, pada 31 Mei mendatang. Mugello juga diragukan bisa menggelar MotoGP dengan tingkat penyebaran virus Corona yang sangat tinggi di Italia.

Dalam pernyataan MotoGP tersebut juga dituliskan, penjadwalan ulang dari MotoGP Jerez dan MotoGP Le Mans belum bisa dilakukan sampai mendapat kejelasan kapan waktu yang memungkinkan untuk menggelar balapan. Jadwal penyelenggaraan akan diumumkan sesegera mungkin.

Baca juga: Balap MotoGP Bisa Dimulai Juli, Bos Yamaha Percaya Kolaborasi Rossi dan Lorenzo

Sebagian manajer tim MotoGP menyebutkan bahwa waktu yang paling memungkinkan adalah Agustus. Sangat beruntung jika Juli sudah bisa menggelar seri pertama.

Sementara, CEO Dorna Carmelo Ezpelata tidak ingin menunda jadwal sampai tahun depan untuk menghindari jadwal MotoGP 2021 terganggu. Dorna jugaakan menggelar seri MotoGP sebanyak mungkin tahun ini. Sebab, minimal 13 seri yang harus digelar dalam satu musim tidak berlaku dalam situasi luar biasa seperti ini.

Jadwal MotoGP 2020 terkini (3 April 2020):
1. 8 March - Qatar (MotoGP cancelled), Losail
2. 3 May - Spain (postponed), Jerez
3. 17 May - France (postponed), Le Mans
4. 31 May - Italy, Mugello
5. 7 June - Catalunya, Barcelona
6. 21 June - Germany, Sachsenring
7. 28 June - Netherlands, TT Circuit Assen
8. 12 July - Finland, KymiRing (Subject to homologation)
9. 9 August - Czech Republic, Brno
10. 16 August - Austria, Red Bull Ring
11. 30 August - Great Britain, Silverstone
12. 13 September - San Marino, Misano
13. 27 September - Aragon, Aragon
14. 4 October - Thailand, Buriram (rescheduled)
15. 18 October - Japan, Motegi
16. 25 October - Australia, Phillip Island
17. 1 November - Malaysia, Sepang
18. 15 November - Americas, Circuit of the Americas (rescheduled)
19. 22 November - Argentina, Termas de Rio Hondo (rescheduled)
20. 29 November - Valencia, Ricardo Tormo



Sumber Crash.net
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X