Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Covid-19, Pegiat Otomotif Galang Dana Bantu Tenaga Medis

Kompas.com - 02/04/2020, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19, sejumlah pegiat otomotif Indonesia berinisiatif melakukan penggalangan dana.

Kampanye bertajuk ‘Otomotif Againts COVID’ ini rencananya akan menyalurkan kebutuhan Alat Perlindungan Diri (APD) yang dibagikan kepada tenaga medis.

Di Indonesia, virus corona telah menjangkiti lebih dari 1.000 orang. Para pegiat otomotif pun merasa terpanggil untuk menyediakan beragam kebutuhan bagi pejuang kesehatan yang berada di lini depan.

Andre Mulyadi, Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), yang mewakili para pegiat otomotif, mengatakan, jumlah donasi yang terkumpul lewat kegiatan ini telah mencapai Rp 73 juta (per 2 April 2020) dan akan terus bertambah sampai 31 hari ke depan.

Baca juga: Ternyata Tren Keliling Jakarta, Di Mobil Aja Ada Positifnya

Pegiat Otomotif lakukan donasi bagi tenaga medis Covid-19kitabisa.com Pegiat Otomotif lakukan donasi bagi tenaga medis Covid-19

“Kami prihatin dengan kondisi wabah saat ini. Sebagai bagian dari masyarakat, kami sepakat jika teman-teman pelaku dan pecinta otomotif juga harus berperan untuk menghadapi situasi ini,” ujar Andre, dalam keterangan resmi (1/4/2020).

“Hal yang saat ini bisa kita lakukan adalah dengan tetap di rumah dan mengumpulkan donasi secara online,” kata Andre.

Kampanye Otomotif Against COVID merupakan bagian fundraiser dari kampanye dr Tirta Mandira Hudhi atau yang biasa dipanggil dr Tirta, seorang influencer sekaligus dokter yang saat ini aktif memerangi virus COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Honda PCX 150 Dikeroyok, Yamaha Luncurkan Majesty S 155

IMX 2020Aditya - KOMPAS.com IMX 2020

Nantinya seluruh donasi akan dikelola oleh dr Tirta, sekaligus mendistribusikannya untuk para pejuang medis di rumah-rumah sakit yang membutuhkan.

Untuk diketahui dengan melonjaknya pasien, saat ini dokter, perawat, dan para pekerja di rumah sakit sangat kekurangan APD yang memadai untuk mencegah penularan COVID-19.

Situasi ini jelas membahayakan keselamatan tenaga medis kita di lini depan. Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini berisiko membuat jebolnya pertahanan bangsa Indonesia terhadap COVID-19.

Baca juga: Begini Proses Mendapat Keringanan Kredit Motor Honda

The Ultimate IMX 2019 The Ultimate IMX 2019

Bagi para pecinta dan pelaku otomotif, atau masyarakat luas yang ingin melakukan donasi silakan mengunjungi laman Kitabisa.com, dan masukkan kata kunci Otomotif Against Covid (Saling Bantu Lawan COVID-19).

Kampanye ini diinisiasi oleh para pegiat otomotif Indonesia, di antaranya Andre Mulyadi (IMX), Youtuber Garasi Drift, Kiki Anugraha (KARMA Bodykit), Akbar Rais (Drifter), Youtuber MotoMobi TV, Erwin (ABBAN), Iman (Gearhead Monkey Garage), Pengepul Mobil, William Bakajin, INFIA, serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com