Jangan Lupakan Pentingnya Rotasi Ban Mobil

Kompas.com - 03/04/2020, 11:02 WIB
Balancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil. KOMPAS.com/DioBalancing roda perlu dilakukan rutin tiap 10.000 Km atau setiap merotasi ban mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dan dirawat oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, kompenen ini memiliki fungsi vital pada kendaraan.

Kinerja ban yang harus memopang kendaraan dan menghasilkan trasksi optimal dengan permukaan aspal jadi krusial.

Mengingat fungsinya yang sangat vital, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengingatkan kepada pemilik mobil untuk melakukan rotasi pada ban.

Baca juga: Hindari Retak Halus, Begini Cara Aman Merawat Ban Mobil saat WFH

“Rotasi pada ban sangat penting untuk dilakukan agar keausan ban merata pada seluruh posisi dikendaraan,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (02/04/2020).

ban mobil baruKompas.com/Fathan Radityasani ban mobil baru
Meski membeli ban secara bersamaan, belum tentu tingkat keausan atau umur ban akan sama. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti cara pengemudi saat berkendara.

“Pastinya untuk tingkat keausan ban tidak akan sama, karena fungsinya juga berbeda antara ban depan dan belakang. Ban depan berfungsi untuk mengarahkan kendaraan seperti berbelok dan jalan lurus, sedangkan ban belakang hanya mengikuti arah laju kendaraan saja,” kata Zulpata.

Zulpata melanjutkan, karena tingkat umur ban tidak sama, cara menyikapinya adalah dengan melakukan rotasi ban. Agar semua ban merasakan di posisi yang berbeda.

Baca juga: Pahami Lagi Arti Kode Rahasia pada Ban Mobil

Pentingnya rotasi bankiosban.com Pentingnya rotasi ban

Adapun cara untuk melakukan rotasi ban, yaitu ban depan dan belakang dirotasi secara menyilang. Misal, ban depan sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban depan sebelah kiri.

“Semakin sering dilakukan rotasi akan semakin baik, ini berpengaruh pada umur ban. Minimal 5.000 km atau lebih cepat,” ujar Zulpata.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X