Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Tren Keliling Jakarta, Di Mobil Aja Ada Positifnya

Kompas.com - 02/04/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pendemi Virus Corona di Ibu Kota, lahir tren baru, keliling Jakarta naik mobil, entah sendirian atau bersama keluarga. Tren ini juga diikuti dengan seruan di mobil aja, karena selama berpergian, pengemudi dan penumpang bertahan tetap di kabin saja, sama sekali tidak keluar.

Selain untuk memecah kebosanan karena seruan social distancing sampai kampanye kerja dari rumah alias work from home (WFH) yang sudah bergulir dua pekan lebih. Ternyata, tren naik mobil ini ada positifnya, terutama terkait kelistrikan kendaraan.

Pasalnya, ketika mobil dalam keadaan parkir, mesin mati  atau posisi kontak off, sejumlah komponen mobil masih butuh pasokan daya listrik. Misalnya untuk kebutuhan alarm, jam digital, hingga perangkat immobilizer.

Daya listrik itu diperoleh dari penyimpanan listrik pada aki yang punya kapasitas terbatas. Jika tak ada aliran listrik baru ke aki, persediaan tersebut lama-kelamaan akan habis.

Konsekuensinya, mobil yang didiamkan cukup lama bakal sulit dihidupkan. Lantaran daya listrik aki tidak mampu untuk memutar dinamo ampere (starter).

Baca juga: Syarat Mengajukan Permohonan Penundaan Kredit Motor dan Mobil

Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.

Oleh sebab itu, dalam kondisi WFH seperti sekarang, mesin mobil harus sering dipanaskan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, tujuan menghidupkan mobil sebenarnya lebih untuk merawat aki agar selalu dalam kondisi terisi.

“Pengisian aki oleh alternator akan lebih baik apabila mobil dalam kondisi berjalan. Karena tidak cukup hanya posisi langsam saja” ujar Suparna, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Parkir Lama Harus Buka Kaca Jendela Sedikit

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Sebab pengisian daya yang dilakukan oleh alternator baru efektif saat mesin berputar di sekitaran 1.000 sampai 2.000 rpm.

“Sebenarnya bisa saja kalau hanya digas saat parkir, tapi kan sayang bensinnya. Lebih bagus lagi kalau sambil dipakai, tidak usah terlalu jauh, diajak berputar sebentar sudah cukup,” kata Suparna.

Seperti diketahui, saat kondisi tanggap darurat kita tidak sama sekali dilarang untuk keluar rumah. Masyarakat masih diperbolehkan pergi, misalnya ke supermarket untuk membeli kebutuhan rumah tangga ataupun keperluan penting lainnya.

Baca juga: Bisa Pesan Kawasaki Ninja 250 4-Silinder, Siapkan Rp 10 Juta

Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem drive thru kepada pengguna kendaraan di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3/2020). Tes dengan sistem tersebut dilakukan guna mempercepat proses pemeriksaan dan mempersempit penyebaran penularan COVID-19 di wilayah Depok dan sekitarnya.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem drive thru kepada pengguna kendaraan di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3/2020). Tes dengan sistem tersebut dilakukan guna mempercepat proses pemeriksaan dan mempersempit penyebaran penularan COVID-19 di wilayah Depok dan sekitarnya.

Febrina Sugianto, Dokter Rumah Sakit Al-Huda Banyuwangi, Jawa Timur, mengatakan dari segi kesehatan kegiatan berkendara mobil selama masa tanggap darurat diperbolehkan.

Asalkan dilakukan dengan orang yang berada dalam satu karantina yang sama. Tentu hal ini akan berbeda jika dilakukan dengan orang yang tidak satu karantina.

“Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi orang tersebut, sehat atau tidak, histori perjalanannya seperti apa,” ucap Febrina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com