Kenali Risiko Mobil yang Sering Parkir di Bawah Terik Matahari

Kompas.com - 01/04/2020, 13:12 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ilustrasi parkir mobil pararel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, dapat memperpendek umur beberapa komponen mobil, khususnya yang berbahan dasar karet dan plastik.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan, komponen yang terkena imbas bukan hanya yang berada di eksterior tapi juga interior.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Parkir Lama Harus Buka Kaca Jendela Sedikit

"Komponen plastik dan karet di eksterior yang paling terpengaruh, seperti lampu cepat kuning dan pudar, kemudian plastik hitam, kalau sering terjemur akan memudar dan timbul putih-putih," kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

sarung mobilKompas.com/Fathan Radityasani sarung mobil

Kerap terjemur di bawah terik matahari langsung pun bisa membawa dampak di bagian interior. Komponen paling terdampak tidak beda jauh, yakni yang berhubungan dan material karet dan plastik.

"Karena sebetulnya di dalam mobil itu ada peningkatan suhu yang drastis, sehingga ada kala mobil sangat pengap dan panas, itu akan cepat merusak material di dalam kabin," katanya.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai karena WFH, Wiper Perlu Diangkat atau Tidak?

"Bahkan bisa mempengaruhi perangkat elektronik seperti tape. Untuk material plastik karena panas bisa mengalami deformasi atau perubahan bentuk (melengkung) sehingga nanti waktu di ajak jalan jadi bunyi berisik," katanya.

Untuk menghindari panas yang berlebih di kabin, Suparna menganjurkan untuk membuka kaca tapi sedikit saja. Tujuannya hanya agar ada sirkulasi udara dan suhu kabin tidak terlalu panas.

"Tapi dikit saja jangan semuanya sampai masuk (binatang), kemudian bagaimana jika takut kemasukan air kalau hujan, karena itu kita perlu talang air agar mencegah air masuk," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X