Efek Cairan Disinfektan Pada Mobil yang Dilapisi Coating

Kompas.com - 30/03/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi Coating Mobil KOMPAS.com / Aditya MaulanaIlustrasi Coating Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona semakin meluas. Tak terkecuali pada kendaraan pribadi yang digunakan untuk mobilitas.

Christopher Sebastian, Presiden Direktur XTO Car Care, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan pada bodi mobil dapat berdampak pada catnya jika dilakukan terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Dampak Corona, Disinfektan Jadi Protokol Baru di Bengkel Mobil

"Untuk mobil yang sudah dilapisi coating, akan terlindungi lebih baik dari cairan disinfektan. Sebab, cairan disinfektan menempel atau mengenai lapisan coating," ujar Christopher, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kendaraan water canon Polres Tasikmalaya Kota rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah wilayah jalan protokol Kota Tasikmalaya, Jumat (27/3/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kendaraan water canon Polres Tasikmalaya Kota rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah wilayah jalan protokol Kota Tasikmalaya, Jumat (27/3/2020).

Christopher menambahkan, apalagi jika bodi mobil tersebut sudah menggunakan sapphire coating yang terbukti lapisannya sangat kuat, bahkan tahan api.

"Untuk mobil yang sudah dilapisi coating pasti mempunyai efek hydrophobic. Sehingga, cairan disinfektan tidak akan mudah untuk menempel di bodi mobil,' kata Christopher.

Baca juga: Bersihkan Interior Mobil Jangan Asal Pakai Disinfektan

Menurut Christopher, bukan berarti 100 persen cairan disinfektan akan tidak menempel semua. Sebab, pasti masih ada cairan yang menempel meskipun sedikit. Tergantung juga dari kondisi bodi mobil saat itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X