Begini Cara Bersihkan Filter Motor yang Benar

Kompas.com - 30/03/2020, 07:32 WIB
Flilter udara sepeda motor Flilter udara sepeda motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin sepeda motor butuh udara untuk membantu pembakaran. Namun tidak bisa sembarangan, sebab harus disaring menggunakan filter udara supaya debu dan kotoran tidak masuk ke mesin.

Saat ini, ada tiga tipe filter udara yang jamak ditemukan pada motor, yaitu yang memakai bahan busa, kertas dan viscous element, atau pengembangan dari kertas semacam perekat.

Bersihkan filter udara motor sendirihourex150l.wordpress.com Bersihkan filter udara motor sendiri

Filter udara tipe busa biasanya dipakai di tipe motor lawas, sedangkan model kertas dipakai di motor yang lebih modern, termasuk viscous element yang jamak ditemui di motor-motor injeksi.

Baca juga: 4 Penyebab Tenaga Motor Mendadak Ngempos

Wahyudin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, karena masing-masing bahannya berbeda, maka agar filter bisa lebih awet cara membersihkannya pun tak sama.

Bersihkan filter udara motortegean.wordpress.com Bersihkan filter udara motor

"Untuk tipe kertas dibersihkan dengan udara bertekanan tapi dengan arah kebalikan dari flow normal (arah isap) sehingga kotoran yang terjebak bisa terdorong oleh udara saat dibersihkan," kata Wahyudin kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Sedangkan untuk tipe busa, pembersihannya cukup dilakukan dengan cara direndam beberapa detik di cairan pembersih. Jika sudah bersih peras dan kemudian disemprot lagi oleh udara bertekanan.

Baca juga: Warna Mobil Apa yang Sering Jadi Sasaran Kotoran Burung?

Saringan udara sepeda motor Saringan udara sepeda motor

Untuk mencuci filter busa sebaiknya jangan pakai bensin atau solar karena akan membuat busa jadi mudah keropos. Sebab kalau busa hancur justru bisa terhisap ke dalam mesin.

Adapun kata Wahyudi, filter viscous element muncul pada 2005 dan memliki cairan perekat seperti lem atau lapisan oli sebagai perangkap kotoran sehingga lebih sulit untuk dibersihkan.

"Sedangkan untuk filter viscous element hanya wajib diganti setiap 16.000 km. Tetapi daya filter (penyaringannya) lebih baik daripada model kertas yang kering," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X