Sejarah Kawasaki KSR, Lebih Besar dari Ukurannya yang Mini

Kompas.com - 30/03/2020, 10:32 WIB
Sejarah panjang Kawasaki KSR bikebros.co.jpSejarah panjang Kawasaki KSR

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak 2011, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mulai memasarkan sepeda motor mini, yakni KSR110. Bukan hanya satu varian yang dihadirkan, namun pada 2014, KMI menghadirkan kembali model lain, yakni KSR Pro.

Perbedaan keduanya ada di bagian transmisinya. KSR Pro dibekali dengan kopling manual. Sedangkan KSR110, menggunakan kopling otomatis, seperti motor bebek atau underbone pada umumnya. Desain bak koplingnya tentu juga berbeda.

Baca juga: 8 Pilihan Motor Mini yang Beredar di Indonesia

Namun, sejarah KSR di dunia, sejatinya lebih besar dari ukurannya yang mini.

Di Jepang, KSR sudah ada sejak tahun 1990. Motor mini ini masih menggunakan nama KSR-2 atau sekarang lebih dikenal dengan KSR Old.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

KSR-1 merupakan penerus dari KS-2 yang dijual secara domestik, hanya ada di Jepang. Kalau ada motor ini di Indonesia, berarti didatangkan oleh importir umum. Motor ini dibekali mesin 2-tak dengan kapasitas 49 cc. Selanjutnya, hadir KSR-2 dengan kapasitas mesin 79 cc.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Kaki-kaki yang sebelumnya menggunakan ban ring 10 pada KS-2, berubah menjadi ring 12. Selain itu, penggunaan suspensi atau sokbreker upside down dimulai pada model ini. Rem depan dan belakangnya juga sudah menggunakan rem cakram. Produksi KSR-2 dihentikan pada 1999.

Baca juga: Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Pada 2003, Kawasaki menghidupkan kembali KSR dengan nama KSR110. Spesifikasinya sudah berubah cukup signifikan. Mesinnya sudah 4-tak dengan kapasitas 110 cc. Desain bodinya kurang lebih masih sama seperti pendahulunya.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Di Jepang, model terakhir berhenti di tahun 2008. Selanjutnya, KSR110 mendapat penyegaran dan desain bodinya berubah lebih modern di tahun 2011. Desainnya tidak berubah hingga muncul KSR Pro di 2014 sampai sekarang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X