Mitos atau Fakta, CDI Shogun Kebo Tanpa Limiter

Kompas.com - 24/03/2020, 09:41 WIB
Suzuki Shogun Kebo Foto: MotorplusSuzuki Shogun Kebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor underbone alias bebek, Suzuki Shogun generasi pertama selalu membekas di ingatan para pecinta roda dua, khususnya penggemar motor kencang. Sebab, kabarnya motor ini dibekali dengan CDI yang berbeda dibanding motor lain pada umumnya.

Shogun generasi pertama juga dikenal dengan julukan Shogun kebo. Motor ini diproduksi mulai 1995 hingga 1999.

Baca juga: Shogun, Kisah Sukses Suzuki di Motor Bebek

CDI Shogun kebo ini kabarnya bebas limiter. Limiter sendiri berfungsi untuk menjaga mesin di putaran yang seharusnya. Jadi, motor bisa digeber hingga rpm tinggi.

Suzuki Shogun Foto: OLX Suzuki Shogun

Dadan Danil, Technical Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, pada dasarnya semua CDI memiliki limiter. Tapi, tiap motor berbeda batas maksimumnya.

"Nah, kebetulan untuk Shogun kebo limiter-nya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan motor lain," ujar Dadan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Honda Revo AT dan Yamaha Lexam, Konsep Bebek Matik yang Gagal

Dadan menambahkan, tujuan dipasangkannya limiter agar bagian mesin tetap aman alias disesuaikan dengan kemampuan mesin. Jika tidak dibatasi, mesin bisa jebol.

"Saya belum pernah cek pakai alat limit dari CDI Shogun kebo. Tapi, untuk motor bebek pada umumnya sekitar 8.000 rpm sampai 9.000 rpm. Kalau untuk Satria FU dan GSX-R150 sekitar 10.500 rpm sampai 11.500 rpm, kurang lebih," kata Dadan.

Kabarnya, CDI Shogun kebo bisa membuat putaran mesin lebih tinggi hingga 13.000 rpm.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X