Banyak Pelanggaran, Bagaimana ETLE di Tol Layang Jakarta-Cikampek ?

Kompas.com - 18/03/2020, 12:11 WIB
Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek Stanly-Kompas.comPelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi pelanggaran lalu lintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, pihak pengelola bersama kepolisian, kabarnya telah menempatkan beberapa kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE).

Namun sayangnya tidak ada kejelasan kapan implementasinya resminya akan dimulai.

Saat mengkonfirmasikan hal ini, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol ( BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit juga belum bisa memberikan banyak jawaban.

Baca juga: Ketahui Bahaya Ngebut di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Bahkan terkait masalah kapan diterapkan sanksi hukumnya, Danang justru menyarankan untuk langsung menanyakan ke pihak yang berwenang, yakni Korlantas.

"Sementara saat ini fokus pada pemantauan penggunaan sabuk pengaman dan kecepatan. Untuk pelaksanaanya sendiri, coba ditanyakan ke pihak Korlantas," kata Danang dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Melintas di Tol Layang Japek, Ingat Lagi soal Jaga Jarak Aman

Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-CikampekStanly-Kompas.com Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Bila melihat dari segi kebutuhan, harusnya ETLE di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek sudah bisa diterapkan. Karena sejak resmi dioperasikan, banyak sekali aturan yang sudah dilanggar oleh penggunanya.

Paling mudah dan sering ditemui mengenai batas kecepatan, hampir rata-rata mobil yang melintas di atas 80 kpj. Padahal ada ketentuan soal batas minimum dan maksimal.

Bahkan, tak sedikit pengendara yang berani menyalip dari bahu jalan. Padahal dimensinya ruas di atas tol layang terpanjang itu sangat minim, dan memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Baca juga: Ini Tampang Baru Agya Facelift yang Segera Meluncur

Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Sebelumnya, penerapan ETLE di Tol Layang Jakarta-Cikampek digadang-gadang siap diberlakukan usai tol dibuka dan resmi beroperasi.

Untuk teknisnya, jalan jol yang telah diberlakukan sistem ETLE akan memiliki Smart CCTV yang mampu memotret dan merekam kendaraan yang melanggar.

Hasil tangkapan CCTV ini akan diintegrasikan dengan database kepemilikan kendaraan pada sistem ERI dan ETLE milik Polda Metro Jaya, untuk kemudian dilakukan proses sesuai ketentuan yang berlaku.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X