Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Transjakarta Kosong, Polisi Ingatkan Tetap Ditilang

Kompas.com - 16/03/2020, 16:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengingatkan bahwa penindakkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) tetap berkerja optimal di tengah penyesuaian pola berkendara atas ancaman virus corona.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP mengatakan, pembebasan tilang hanya dilakukan untuk aturan ganjil genap. Sementara sisanya, tetap diberlakukan.

"ETLE tetap berkerja secara maksimal, hanya saja untuk penindakan ganjil-genap ditiadakan," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Mulai Hari Ini Jakarta Bebas Ganjil Genap

 

Ilustrasi mengenakan maskershutterstock Ilustrasi mengenakan masker

Oleh sebab itu, pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman atau helm, pelanggar marka jalan, menggunakan lajur Transjakarta, serta melanggar rambu lalu lintas tetap ditindak.

"Benar, tetap dilakukan penindakkan," jelas Fahri.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menyatakan bahwa mulai Senin (16/3/2020) hingga 30 Maret 2020 operasional bus transjakarta akan dibatasi.

"Lebih lengkap, layanan Transjakarta hingga 30 Maret 2020 hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Ini berarti seluruh layanan non koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans ditiadakan," katanya, Minggu (15/3/2020).

Baca juga: Soal Virus Corona, Pertamina Klaim Layanan SPBU dan Stok BBM Aman

Ilustrasi tilang pada pelanggar lalu lintas pengguna mobil di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang, Selasa (10/9/2019)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Ilustrasi tilang pada pelanggar lalu lintas pengguna mobil di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang, Selasa (10/9/2019)
 

Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, perusahaan juga memberhentikan sementara layanan AMARI (Angkutan Malam Hari).

Selain itu, untuk di halte akan diberikan marka, sehingga penumpang akan berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Di dalam bus pun juga sama, Transjakarta akan mengatur jarak duduk sehingga bisa meminimalisasi interaksi antar penumpang.

"Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan," ujar Nadia.

Baca juga: 6 Imbauan BOPI Terkait Pandemi Virus Corona

 

Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

Berikut daftar 13 rute transjakarta yang beroperasi pada 16-30 Maret 2020:

1. BLOK M - KOTA
2. PULO GADUNG 1 - HARMONI
3. KALIDERES - PASAR BARU
4. PULO GADUNG 2 - TOSARI
5. KAMPUNG MELAYU - ANCOL
6. RAGUNAN - HALIMUN
7. KAMPUNG RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU
8. LEBAK BULUS – HARMONI
9. PINANG RANTI - PLUIT
10. PGC 2 - TANJUNG PRIOK
11. KAMPUNG MELAYU - PULO GEBANG
12. PENJARINGAN - SUNTER BOULEVARD BARAT
13. 13A PURI BETA - BLOK M

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com