Kompas.com - 15/03/2020, 07:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di pasaran, mobil-mobil segmen MPV, SUV, ataupun LCGC barangkali jadi yang paling banyak disukai konsumen. Tapi selain kendaraan tersebut, masih ada sejumlah segmen yang punya peminat tersendiri.

Misalnya segmen station wagon atau estate, yang belakangan mulai ramai dan jadi incaran, khususnya di pasar mobil bekas.

Secara tampilan mobil station wagon memiliki tampilan yang hampir menyerupai tipe sedan, namun dengan bagian overhang belakang yang lebih panjang.

Baca juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Kondisi Harga Mobil Murah Bekas Maret 2020

Ilustrasi Corolla DX Station WagonOtomotifnet Ilustrasi Corolla DX Station Wagon

Sebab mobil ini menawarkan kapasitas bagasi ekstra lapang yang menyatu dengan ruang kabin, namun tanpa jok belakang.

Meski punya spesifikasi yang hampir sama dengan sedan, nyatanya sejumlah mobil station wagon dijual dengan harga lebih mahal.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan ada beberapa faktor yang membuat mobil station wagon dibanderol mahal.

Baca juga: Virus Corona Justru Buat Mobil Murah Bekas Laris

Tampilan station wagon E 400 AMGStanly/Otomania Tampilan station wagon E 400 AMG

“Kalau kita ambil contoh BMW dan Mercedes-Benz yang keluaran baru kan rata-rata sedan, model estate-nya sangat jarang. Karena mobil barunya saja jarang, makanya unit bekasnya enggak ada,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Tak heran, mobil berjenis station wagon atau estate kerap dipilih orang sebagai mobil hobi, yang keluar pada akhir pekan untuk dipakai kumpul bersama teman-teman.

“Kurang lebih jadi kayak sedan dua pintu atau sport car. Harganya cenderung gelap, enggak ada patokan tertentu,” kata Herjanto.

“BMW E36 bekas itu kan tahun 2000 ke bawah, yang sedan misalnya paling mahal Rp 100 jutaan, yang estate bisa Rp 200 jutaan lebih,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.