Tren Motor Custom 2020, Gaya yang Bisa Dipakai Harian

Kompas.com - 07/03/2020, 15:49 WIB
Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155 IstimewaCustom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor custom berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Tahun ini, motor custom bukan hanya untuk unit kontes, tapi juga dipakai digunakan buat harian.

Indra Pranajaya, pembuat motor custom dari Razzle Dazzle Chopper Works di Bandung, mengatakan, untuk tren 2020 gayanya tidak berubah banyak. Menurutnya, yang paling banyak masih dengan konsep "daily use".

Baca juga: Motor Custom Tak Melakukan Uji Tipe Bakal Didenda Rp 24 Juta

"Konsep ini pasti gayanya ke arah scrambler, tracker, atau cafe racer. Dari segi tampilan motor tidak terlalu mencolok, berbeda dengan chopper yang perubahannya bisa dibilang total," ujar pria yang akrab disapa Indra Bluesman tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha Scorpio Cafe Racer Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Cafe Racer

Indra menambahkan, kalau scrambler atau tracker, ubahannya paling hanya di tangki, sepatbor, lalu dikasih ban pacul. Berbeda dengan chopper yang pada umumnya bikin rangka sendiri, sudut rake lebih miring, suspensi depan lebih panjang, dan lainnya.

"Kalau chopper, tidak semua orang suka dengan gaya ini. Butuh keterampilan khusus untuk mengendarai motor chopper. Apalagi, dengan rake yang miring, springer yang panjang, atau long fork. Tapi, chopper penggemarnya tetap ada, namun tidak sebanyak gaya-gaya yang daily use," kata Indra.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bengkel Boleh Bikin Motor Custom

Andi Akbar, pembuat motor custom dari Katros Garage di Tangerang, mengatakan, tren tahun 2020 lebih kepada perilaku konsumen.

"Maksudnya, banyak bengkel-bengkel yang mengerjakan ubahan sederhana di motor pabrikan, seperti Kawasaki W175 dan Yamaha XSR155," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X