Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2020, 15:15 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu tuan rumah MotoGP sudah dibatalkan dan dua sirkuit lainnya diundur hingga akhir tahun. Jika ada pembatalan sirkuit lagi, maka jadwal pelaksanaan MotoGP harus bisa fleksibel.

Presiden FIM Jorge Viegas, mengatakan, jadwal MotoGP bisa mundur sampai Januari jika memang diperlukan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk digelar dua seri dalam sepekan.

Baca juga: Ancaman Virus Corona Memaksa MotoGP Siapkan Skenario Ekstrem

Selain itu, Viegas juga menambahkan bahwa ada kemungkinan untuk menggelar MotoGP pada sirkuit lain di luar kalender. Sirkuit Portimao dan Estoril di Portugal sudah dipesan sebagai tuan rumah cadangan.

Sirkuit EstorilIstimewa Sirkuit Estoril

"Portimao adalah sirkuit pesanan, sama seperti Estoril. Di Portugal, belum ada kebijakan larangan bepergian," ujar Viegas, dikutip dari Motorsport.com.

Sirkuit Estoril bukanlah sirkuit yang asing bagi sebagian pebalap. Sebab, sirkuit ini sudah pernah digunakan untuk menggelar MotoGP pada tahun 2000 hingga 2012.

Baca juga: GP Austin Ditunda, Jadwal MotoGP Dirombak Lagi

Sirkuit ini termasuk memiliki karakter cepat, karena banyak trek lurusnya. Dengan total panjang 4,182 km, sirkuit Estoril dilengkapi dengan 13 tikungan, 9 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri.

Valentino Rossi bahkan tercatat sudah mengoleksi lima kemenangan di sirkuit ini. Tiga kemenangan diraih sewaktu di Honda dan dua kemenangan lainnya bersama Yamaha.

Sirkuit PortimaoIstimewa Sirkuit Portimao

Sedangkan sirkuit Portimao, belum pernah menjadi tuan rumah MotoGP, hanya World Superbike atau WSBK.

Karakter sirkuitnya bisa dibilang stop and go, karena banyak tikungan patah. Sirkuit ini dilengkapi 15 tikungan, 8 tikungan ke kanan dan 7 tikungan ke kiri. Panjangnya sendiri mencapai 4,658 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com