Bus Transjakarta yang Tabrak Mobil Istri Irjen Boy Rafli Pakai Transmisi Matik

Kompas.com - 11/03/2020, 15:07 WIB
metrotrans scania Kompas.com/Fathan Radityasanimetrotrans scania

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan melibatkan mobil Mitsubishi Pajero Sport milik istri Irjen Boy Rafli dengan bus Transjakarta di Kebayoran Lama, Selasa (10/3/2020).

Kecelakaan tersebut terjadi saat mobil ingin berbelok, lalu dari arah halte ada bus yang dikabarkan melaju sendiri, hingga menabrak bagian samping Pajero Sport tersebut.

Jika dilihat, bus yang menabrak yaitu TJ dengan nomor 659 dengan rute 8C Tanah Abang – Kebayoran Lama. Jika dilihat, model busnya yaitu low deck, memiliki pintu rendah yang memudahkan penumpang untuk naik.

Kemudahan tersebut sangat cocok ketika digunakan untuk transportasi umum di perkotaan. Penumpang tidak perlu naik ke halte yang tinggi untuk bisa masuk ke bus.

Baca juga: Kemenhub Kerek Tarif Ojek Online, Begini Respons Gojek dan Grab

Varian bus Metrotrans milik Laksana.Ghulam/KompasOtomotif Varian bus Metrotrans milik Laksana.

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana, pembuat bus tersebut mengatakan, sasis yang digunakan yaitu Scania K250UB dengan bodi City Line 2. Memiliki mesin 9.000 cc yang mengeluarkan tenaga 250 HP.

“Bus sasis Scania untuk Transjakarta menggunakan transmisi otomatis, memiliki panjang bodi 12 meter yang bisa menampung 80 orang,” ucap Werry kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Baca juga: Ke Mana Air dari Toilet Bus Dibuang, Apakah Langsung ke Jalan?

Selain menggunakan sasis Scania, karoseri asal Semarang ini memiliki pilihan lain. Sasis Mercedes Benz O500U 1726 dengan dimensi yang sama dengan sasis Scania. Ada juga yang menggunakan sasis Volvo, hanya saja lebih panjang.

“Untuk pilihan sasis dan bodi, tergantung dari peruntukannya. Misalnya sasis Volvo untuk bus maxi, memiliki dua as roda belakang dan panjangnya 13,5 meter,” kata Werry.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X