Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Satria 2-tak Incaran Para Kolektor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki berhasil membuat Satria tetap eksis sejak 1997 hingga sekarang. Motor bebek underbone ini sudah dipasarkan sejak era mesin 2-tak. Sekarang, tren 2-tak mulai populer kembali.

Maka itu, Satria 2-tak pun mulai menjadi incaran para kolektor. Satria 2-tak sendiri adalah Satria yang dipasarkan mulai 1997 sampai 2003, antara lain Satria 120S, RU 120R (Satria Lumba-lumba), dan Satria 120 LSCM (Satria Hiu).

Andi Panser, dari bengkel Blue tech yang sering merestorasi Satria 2-tak, mengatakan, paling banyak diburu kolektor adalah Satria Lumba-lumba dan Satria Hiu. Namun, ada juga kolektor yang mencari model yang lebih tua.

"Satria keluaran tahun 1997, khusus double starter. Hanya kolektor saja yang suka itu, apalagi kondisinya istimewa atau orisinil," ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Andi menyebutkan, pasarannya sekarang ada di kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 8 jutaan. Tapi, ada juga yang pernah terjual hingga puluhan juta rupiah.

"Teman saya pernah jual harganya tembus Rp 42 juta. Namun, kondisinya bisa dibilang hampir 90 persen orisinil," kata Andi.

Satria 120S adalah motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Motor ini dibekali mesin berkapasitas 120 cc, 2-tak, yang mampu menghasilkan tenaga 13,5 tk di putaran 8.000 rpm. Mesinnya menggunakan 5-percepatan semi-otomatis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/11/110200615/daftar-satria-2-tak-incaran-para-kolektor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke