Cuma Tebar Pesona, Kapan Mitsubishi Jual Truk Listrik Fuso eCanter?

Kompas.com - 06/03/2020, 15:24 WIB
Truk listrik eCanter KOMPAS.com/Gilang SatriaTruk listrik eCanter
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi pamer teknologi dengan menampilkan truk berpenggerak listrik murni bernama Fuso eCanter di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

Model yang dibawa ini merupakan versi produksi yang sudah dipakai di beberapa negara. Bukan versi prototipe seperti yang pernah ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Baca juga: KTB Tak Punya Kuasa, Jual Truk Listrik “eCanter” di Indonesia

Direktur Sales and Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono mengatakan, truk ramah lingungan ini baru sekadar tebar pesona di GIICOMVEC dan belum dijual dalam waktu dekat.

"Belum dijual, belum dalam waktu dekat," katanya di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (5/3/2020).

Truk listrik eCanterKOMPAS.com/Gilang Satria Truk listrik eCanter

Duljatmono mengatakan, saat ini masih banyak pertimbangan jika ingin menjual truk listrik. Sebab berkaitan dengan regulasi pemerintah serta kesiapan infrastruktur yang ada.

Baca juga: UD Trucks Pamerkan Tiga Model yang Kompatibel Bio Solar B30

"Secara produk sudah siap, tapi kalau yang lain-lain (penjualan) berkaitan dengan regulasi pemerintah, fasilitas, infrastruktur juga, ini masih perlu lebih lanjut," katanya.

Duljatmono mengatakan, adapun tujuan KTB memajang truk ringan bertenaga listrik itu hanya pamer teknologi yang dimiliki Mitsubisi Fuso, bahwa ada truk bertenaga listrik murni.

"Tujuannya menunjukkan bahwa kita sebagai pemimpin pasar di sini siap untuk memberikan solusi untuk kebutuhan konsumen atau pasar terhadap teknologi canggih, dan ini full electric," katanya.

Lima negara

Saat ini Fuso eCanter sudah dipakai di lima negara, dengan rincian di Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa seperti Portugal, Jerman dan Inggris.

"Animonya cukup positif tapi penggunaannya masih di dalam kota. Di Jepang penggunanya dengan sistem sewa (ala Honda PCX Electric). Tapi terus terang dari sisi angka saya belum tahu," katanya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X