Mengulik Fitur Honda Genio

Kompas.com - 25/02/2020, 15:02 WIB
Honda Genio KOMPAS.com/GilangHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Genio resmi meluncur pertengahan 2019 lalu. Skutik bergaya retro sporty ini mengisi celah entry level 110cc yang juga dimainkan oleh BeAT dan Scoopy, sedangkan Vario 110 sudah setop produksi.

Mengincar para konsumen muda, Astra Honda Motor (AHM) membekali Genio dengan berbagai fitur terkini. Salah satunya yaitu soket untuk pengisian gawai dan lampu depan yang sudah LED.

Baca juga: Mengupas Desain Retro Sporty Honda Genio

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Lampu LED

Meski lampu depan sudah LED tapi lampu belakang dan seluruh sein masih pakai bohlam. Bisa jadi hal ini untuk memangkas ongkos produksi, sebab biayanya bakal lebih mahal kalau memakai LED.

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Instrumen klaster dibuat sederhana dan sudah digital. Bentuk keseluruhan bulat tapi layar informasinya hanya kotak kecil. Di situ tertera berbagai informasi seperti kecepatan, odometer, bahan bakar dan indikator ECO.

Fitur penunjang lain yaitu mesin eSP generasi baru, tangki BBM yang cukup besar mampu menampung BBM 4,2 liter dan luas bagasi berkapasitas 14 liter. Di dalam bagasi tersedia soket untuk pengisian gawai.

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Soket Pengisian Gawai

Letak soket pengisian ini sempat dipertanyakan sebab dianggap riskan. Mengisi daya ponsel di dalam bagasi jok yang relatif panas dikhawatirkan bisa berdampak buruk, apalagi kalau terpapar uap bensin.

Namun Honda menepis anggapan tersebut. Astra Honda Motor (AHM) menyebut rancang bangun sudah dipikirkan insinyur berpengalaman. Tes internal yang dilakukan tidak menyebut ada tanda-tanda seperti yang dikhawatirkan.

"Letak soket power outlet di dalam bagasi untuk memberi kemudahan dan kenyamanan pengguna, agar handphone pengguna tidak terkena debu ataupun hujan saat di perjalanan," kata Makoto Dohi, Asistant Chief Engineer Department 2, Product Development Division #1 Honda R&D Co Ltd.

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X