Jangan Asal Tambah Aditif pada Oli, Ini Efek Buruknya

Kompas.com - 25/02/2020, 11:12 WIB
Pelumas kendaraan www.netwaste.org.auPelumas kendaraan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mempunyai kendaraan dalam kondisi prima tentunya menjadi keinginan dari setiap orang. Maka dari itu perawatan rutin dan penggantian komponen secara berkala dilakukan.

Selain melakukan perawatan rutin, tidak sedikit yang melakukan penambahan “suplemen” tersendiri. Salah satunya adalah memberikan aditif pada sistem pelumas.

Banyak yang beranggapan bahwa zat aditif bisa meningkatkan kualitas oli. Sehingga, kinerja mesin semakin bagus saat digunakan.

Selama ini aditif juga banyak tersedia di pasaran, sehingga pembeli cukup mudah untuk mendapatkannya. Padahal, penambahan aditif tersebut justru bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, penambahan aditif pada oli sangat berbahaya.

Jika tidak sesuai bukan tidak mungkin akan menyebabkan oli akan menggumpal dan tidak bisa melakukan pelumasan dengan sempurna.

Baca juga: Jangan Asal Tambah Oli, Bisa Bikin Mesin Jebol

Aditif itu seperti suplemennya oli, tapi kalau dicampur (sendiri) bisa berbahaya. Hal ini karena aditif bisa menyebabkan kerak pada mesin, bahkan olinya bisa menggumpal,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

Didi menambahkan, saat melakukan penambahan aditif ada kemungkinan oli tidak cocok. Sehingga bisa menimbulkan efek lain yang justru sangat berbahaya bagi mesin.

“Mungkin saja tidak cocok dengan olinya sehingga menimbulkan efek lain. Bahayanya oli tidak dapat bersirkulasi untuk melumasi komponen-komponen karena salurannya tersumbat. Ya seperti kolesterol pada manusia,” ucapnya.

Gejala awal yang dirasakan saat aditif yang ditambahkan bermasalah adalah suara mesin akan menjadi kasar. Ini terjadi karena kurangnya pelumasan yang disebabkan penggumpalan yang terjadi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X