Penyakit Umum pada Speedometer Motor, Tampilan Buram dan Bersisik

Kompas.com - 24/02/2020, 08:22 WIB
speedometer buram Kompas.com/Fathanspeedometer buram

JAKARTA, KOMPAS.comSpeedometer pada motor memiliki fungsi sebagai penunjuk kecepatan, sisa bensin, dan beberapa informasi lainnya. Namun, ketika rutinitas harian mengendarai motor, baik di terik panas sinar matahari atau hujan lebat, maka mika speedometer akan buram dan bersisik.

Adih, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Bintaro, mengatakan, penyebab utama dari buramnya speedometer yaitu terkena paparan sinar matahari. Selain itu faktor usia dari motor juga memengaruhi kondisi mika speedometer.

“Kalau retak (bersisik) begitu, biasanya faktor usia yang sudah lebih dari tiga tahun. Selain itu, jika setelah terkena matahari langung kena hujan, bisa lebih cepat lagi mikanya retak atau bersisik,” kata Adih saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Baca juga: Bahas Kelebihan Spion Pintar di SUV Murah Suzuki XL7

speedometer buramKompas.com/Fathan speedometer buram

Jika kondisi mika sudah menghalangi atau speedometer tidak terlihat, lebih baik langsung mengganti perangkat tersebut. Beberapa motor ada yang tinggal mengganti mikanya saja, sebagian lainnya, harus mengganti satu set speedometernya.

“Untuk motor yang sudah full digital speedonya, lebih baik tanya dulu ke bengkel resmi, apa bisa hanya mengganti mikanya saja. Kalau model motor yang lama, masih bisa ganti mikanya saja,” ucap Adih.

Baca juga: Apa Benar Panther Sudah Stop Produksi? Ini Jawaban Isuzu

Jika ingin menjaga kondisi mika speedometer agar tetap baik kondisinya, Adih menyarankan untuk lebih memperhatikan posisi motor ketika parkir. Usahakan agar parkir di tempat yang teduh atau tertutup.

Biaya penggantian mika speedometer memang masih terjangkau. Namun kalau sampai ganti satu set speedometer, harga dari suku cadangnya bisa sampai ratusan ribu rupiah, bahkan bisa tembus Rp 1 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X