Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Panther Sudah Stop Produksi? Ini Jawaban Isuzu

Kompas.com - 23/02/2020, 08:32 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Santer terdengar kabar jika Isuzu Panther bakal discontinue. Isu ini memang sudah beberapa kali berhembus, lantaran mesin diesel Panther sudah tak memenuhi standar emisi Euro IV yang bakal diterapkan 2021.

Belum lagi dengan beredarnya foto-foto di internet yang mengabarkan bahwa legenda diesel tersebut sudah berhenti diproduksi.

Menjawab kabar simpang siur soal Panther, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril, mengatakan, mobil bermesin diesel itu masih dijual dan diproduksi.

Baca juga: Seperti Ini Mitsubishi Xpander Facelift 2020 [VIDEO]

Isuzu Panther berhenti diproduksiGrup Motuba Facebook Isuzu Panther berhenti diproduksi

“Sampai saat ini belum ada keputusan mengenai hal ini, kami masih tetap jualan,” ucap Attias kepada Kompas.com (21/2/2020).

Selain emisi gas buang yang terbentur dengan implementasi Euro IV, tren penjualan Panther sejatinya sudah mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir.

Melihat data wholesales Gaikindo, angka distribusi dari pabrik ke diler pada 2018 berkisar 950 unit. Sementara pada sepanjang 2019 yang lalu mencatat 763 unit.

Baca juga: Xpander Naik Sampai Rp 6 Jutaan, Ini Daftar Harga LMPV Bulan Ini

Isuzu Panther saat ini dijual mulai harga Rp 40 jutaan.Komunitas Panther Mania Isuzu Panther saat ini dijual mulai harga Rp 40 jutaan.

Tahun ini Isuzu pun tidak mamatok Panther dengan target yang tinggi. Perusahaan hanya menargetkan penjualan di kisaran 600-700 unit.

“Bulan Januari kemarin sudah terjual 53 unit, konsumennya memang pengguna fanatik diesel,” kata Attias.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com