Pakai Peninggi Sokbreker Belakang, Berisiko Fatal

Kompas.com - 21/02/2020, 09:02 WIB
Alat peninggi shockbreaker belakang atau yang biasa disebut anting-anting. suzuki.co.idAlat peninggi shockbreaker belakang atau yang biasa disebut anting-anting.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik motor ada yang merasa kurang sesuai dengan sokbreker bawaan pabrikan. Salah satunya terasa kurang tinggi, sehingga terciptalah peninggi sokbreker belakang berjuluk anting.

Aksesori peninggi sokbreker belakang ini juga beragam model, termasuk peruntukkannya yang bermacam-macam. Ada peninggi untuk monoshock, sokbreker ganda untuk motor sport dan motor bebek, atau sokbreker tunggal seperti pada motor matik.

Baca juga: Fungsi Nitrogen pada Sokbreker Belakang Motor

Aksesori peninggi sokbreker belakang memang banyak jadi pilihan, karena biaya yang murah. Ada yang dijual belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Salah satu motor yang menggunakan peninggi shock breaker.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu motor yang menggunakan peninggi shock breaker.

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, meninggikan sokbreker belakang memiliki beberapa konsekuensi. Salah satunya adalah kenyamanan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meninggikan sokbreker belakang otomatis akan mengubah posisi berkendara. Menjadi tidak aman jika tidak mempertimbangkan risiko kenyamanan dan keselamatan," ujar Rio, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Begini Setelan Sokbreker Motor yang Sering Bawa Beban Berat

Akibat mengalami ubahan posisi berkendara, maka stabilitas motor juga akan berbeda, khususnya ketika hendak berbelok atau menikung.

Material yang tidak jelas kualitasnya juga mempengaruhi keamanannya. Beberapa kasus yang terjadi adalah peninggi sokbreker belakang ini kerap patah saat digunakan. Jika sampai kejadian ini berlangsung ketika kecepatan tinggi, maka bisa fatal akibatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.