Yamaha RZR, Pionir Motor Full Fairing Pabrikan Garpu Tala

Kompas.com - 21/02/2020, 08:12 WIB
Yamaha RZR Oni FaristiwaYamaha RZR
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-44 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris Yamaha RZR. Salah satu pionir motor sport fairing Yamaha di Indonesia dan merupakan saudara kandung dari RX-Z yang merupakan versi naked.

Baca juga: Yamaha RX-Z, Laris di Malaysia Tumbang di Indonesia

Bicara RZR maka memang balik lagi pada RX-Z. Seperti pernah dibahas pada tulisan lalu, RX-Z hadir lahir dari pengembangan Yamaha RD125. Generasi pertama tercetus pada 1985 dan dijual di Malaysia dan Singapura.

Yamaha RZRFoto: Maleha/NaikMotor.com Yamaha RZR

Setelah masuk ke Indonesia, Yamaha melebarkan pasar dengan menawarkan versi full fairing. Perbedaan antara Yamaha RZR dan RX-Z hanya tampilan depan full fairing, sedangkan RX-Z telanjang dengan batok lampu dan under cowl.

Saat pertama meluncur, RZR mampu mencuri perhatian dan membuat persaingan dengan Suzuki RGR150. Sebab generasi pertama RGR150 di Indonesia sebetulnya masih semi full fairing dengan batok lampu dan pelindung bawah mesin.

Selain fairing semuanya serupa, mesin RZR dan RX-Z berbagi basis yang sama. Di atas kertas jantung 135cc 2-tak  mampu menghasilkan 15 kW pada 8.500 rpm dan torsi 18,1 Nm pada 7.500 rpm.

Berkat karakter mesin over bore, dengan bore & stroke yakni 56 mm & 54mm dan dibekali transmisi enam percepatan, Yamaha RZR lebih enak digeber diputaran atas untuk trek-trek panjang.

Baca juga: Bengkel Resmi Yamaha Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka

Yamaha RZR Yamaha RZR

Sayangnya dengan alasan itu juga kerap disebut salah satu mengapa masyarakat Indonesia jadi lebih suka RX-King. Transmisi 5-percepatan disebut lebih ''ngejambak'' dan enak buat tarik-tarikan pendek.

Yamaha RZR setop produksi pada 1998. Alasannya waktu itu tak jauh beda dengan RX-Z yakni karena kalah bersaing dengan sepupunya Yamaha RX-King yang masih mashyur dengan julukan ''motor jambret.''

Beberapa kalangan berpendapat RX-Z dan RZR merupakan produk gagal. Namun hal itu bukan karena gagal secara produk melainkan di pemasaran, sebab saat itu harga motor fairing termasuk mahal.

Spesifikasi Yamaha RZR:

Tipe Mesin: 2-stroke, air-cooled, forward-inclined single cylinder
Silinder: 133cc
Diameter x Langkah: 56 x 54 mm
Rasio Kompresi: 7 : 1
Daya Maksimum: 15 kW (20 PS) @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum: 18,1 Nm @ 7.500 rpm
Maksimum: 150 km per jam
Transmisi: 6-speed return
Tipe Rangka: Underbone Steel Tube
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Dual Shock
Rem Depan: Disc Brake, Single Piston
Rem Belakang: Drum Brake
Berat Kosong: 106 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 13 liter



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X