Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Nitrogen pada Sokbreker Belakang Motor

Kompas.com - 28/12/2019, 17:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi atau sokbreker belakang pada motor cukup beragam modelnya. Salah satunya ada yang dilengkapi dengan tabung, baik diletakkan di atas atau di bawah.

Di dalam tabung tersebut, terdapat piston, nitrogen, dan juga oli. Jadi, piston akan terdorong oli saat sokbreker menerima tekanan. Lalu, tugas nitrogen adalah menstabilkan piston melalui tekanan.

Baca juga: Perlukah Oli Sokbreker Motor Diganti Secara Rutin?

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, nitrogen juga memiliki fungsi lai, yakni mendinginkan oli di dalam sokbreker.

Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150Kompas.com/Donny Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150

"Jadi, ketika benda bergesekan, pasti akan menghasilkan panas. Dengan adanya nitroge, otomatis titik muainya akan melemah," ujar Rio, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Agung Febrianto, teknisi Ohlins Indonesia. Menurutnya, nitrogen pada sokbreker belakang motor berfungsi untuk mendorong piston dan fitur compression adjuster.

Baca juga: Perbedaan Sokbreker Tabung Atas dan Tabung Bawah

Sokbreker belakang yang dilengkapi tabung umumnya ditawarkan oleh produk-produk aftermarket. Jarang sekali ada motor standar dengan sokbreker belakang yang sudah dilengkapi tabung dan bisa diisi dengan nitrogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com