Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 40 Persen

Kompas.com - 16/02/2020, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menginformasikan bahwa proses pembangunan Mandalika International Street Circuit untuk perhelatan MotoGP Indonesia 2021 saat ini, sudah mencapai 40 persen.

Melalui keterangan tertulis di akun Instagram, promotor MotoGP Indonesia itu menjelaskan, sebagian besar dari proses tersebut merupakan pekerjaan tanah dan perbaikan tanah dasar untuk persiapan badan footprint.

"Harus optimis pembangunan Mandalika International Street Circuit rampung pada akhir tahun 2020. Progres pembangunan saat ini telah mencapai 40 persen," tulis MGPA dalam unggahannya, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Sirkuit Baru Diaspal, 4.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah Terpesan

Ilustrasi MotoGP 2019.CRASH.net Ilustrasi MotoGP 2019.

Pada kesempatan sama, pihak MGPA juga memperlihatkan sejumlah foto yang menampilkan kegiatan proyek pembangunan sirkuit di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

"Proses selanjutnya akan dilakukan pekerjaan struktur perkerasan lentur secara berlapis yang dimulai dengan pekerjaan Lapis Pondasi Atas (LPA) pada bulan Juli hingga September 2020,"  ucapnya.

"Kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan tiga lapis aspal yang diperkirakan akan selesai di Desember 2020," kata dia.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Dipakai Jalanan Umum, Promotor Yakin Bisa Jaga Kualitas Aspal

Sirkuit Mandalika akan menggunakan aspal tipe bitumen modifikasi yang didesain khusus untuk sirkuit balap. Adapun proses pengerjaan sirkuit, dipantau langsung oleh MRK1 Consulting sebagai desainer sirkuit dan Federasi Balap Motor Dunia (FIM).

FIM bahkan dilaporkan akan melakukan pantauan khusus proses pembangunan secara berkala. Sebab, ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di ajang MotoGP.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

TGIF! Harus optimis pembangunan Mandalika International Street Circuit rampung pada akhir tahun 2020. Prosesnya memang panjang dan penuh dengan kerja keras. Proses tidak pernah mengkhianati hasil loh! Progres pembangunan sirkuit telah mencapai 40% yang sebagian besar dari progres tersebut adalah pekerjaan tanah dan perbaikan tanah dasar untuk penyiapan badan footprint. Proses selanjutnya akan dilakukan pekerjaan struktur perkerasan lentur secara berlapis yang dimulai dengan pekerjaan Lapis Pondasi Atas (LPA) pada bulan Juli hingga September 2020 dan dilanjutkan dengan pekerjaan 3 lapis aspal yang diperkirakan akan selesai di Desember 2020. Material aspal yang akan digunakan nanti pun tipe aspal bitumen modifikasi yang memang didesain khusus untuk sirkuit balap. Oh iya semua pekerjaan ini dipantau langsung oleh MRK1 Consulting sebagai desainer sirkuit Mandalika dan secara periodik akan ditinjau oleh FIM (Fédération Internationale de Motorcyclisme) sebagai pengampu penyelenggaraan MotoGP di dunia. ???? Credits: @itdc_id #IndonesianGP #Raceto2021 #prebookingticket #MotoGP #WorldSBK #MandalikaGP

A post shared by MGPA (OFFICIAL ACCOUNT) (@themandalikagp) on Feb 13, 2020 at 7:58pm PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com