[POPULER OTOMOTIF] Masalah Biosolar B30 | XL7 Diskon Rp 15 Juta

Kompas.com - 14/02/2020, 06:02 WIB
Suzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki. KOMPAS.comSuzuki XL7 yang ditemui KOMPAS.com disalah satu diler Suzuki.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan menggunakan Biosolar B30 sudah resmi diterapkan pada akhir 2019. Bahkan, diklaim penyebarannya pun sudah merata di seluruh SPBU Pertamina di Indonesia.

Sudah jalan beberapa bulan, kerap muncul masalah, yaitu usia filter kendaraan menjadi lebih cepat kotor dan isi tangki menjadi gel.

Selain itu yang tidak kalah menariknya lagi soal Suzuki XL7 yang baru akan diluncurkan akhir pekan ini, ternyata sudah didiskon Rp 15 juta.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 13 Februari 2020:

1. Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

Pemerintah mulai uji coba B30 Pemerintah mulai uji coba B30

Meski diakui punya banyak kelebihan dibandingkan Biodiesl 20 persen atau B20, tapi penerapan B30 tak lepas dari masalah pro dan kontra. Terutama di kalangan pengguna kendaraan diesel, baik yang pribadi atau transportasi umum.

Contohnya seperti yang diutarakan Pengurus Pusat Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Anthony Steven Hambali. Menurut dia, penerapan B30 sebenarnya tergantung dari putaran pengisian bahan bakar dari kendaraannya sendiri.

"Sejauh ini untuk unit-unit di PO kami memang belum ada masalah, tapi rekan-rekan lain kabarnya banyak yang mengalami masalah, seperti penyumbatan, durasi pergantian filter yang lebih cepat, dan lain sebagainya," kata Anthony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

2. Ragam Promo Suzuki XL7, Diskon Rp 15 Juta dan DP Rp 19 Juta

Bocoran Suzuki XL7 Bocoran Suzuki XL7

Belum resmi diluncurkan, Suzuki XL7 sudah bocor duluan ke masyarakat. Bukan hanya penampakannya saja, tapi juga harga dan skema kredit. Bahkan, sudah ada yang berani memberikan diskon.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X