Punya Tenaga Besar, Ini Fungsi dari Moge Polisi Indonesia

Kompas.com - 03/02/2020, 14:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (berbaju putih) menerobos banjir Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, (26/1/2013) dengan menggunakan motor gede Dinas Perhubungan DKI yang biasa ia gunakan sebagai voorijder. Di sana, ia tak hanya meninjau keadaan lokasi banjir, tapi juga memberikan bantuan berupa selimut, handuk, sembako, seragam, alat tulis, beras, dan sejumlah uang tunai. Kompas.com/ Kurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo (berbaju putih) menerobos banjir Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, (26/1/2013) dengan menggunakan motor gede Dinas Perhubungan DKI yang biasa ia gunakan sebagai voorijder. Di sana, ia tak hanya meninjau keadaan lokasi banjir, tapi juga memberikan bantuan berupa selimut, handuk, sembako, seragam, alat tulis, beras, dan sejumlah uang tunai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kepolisian pasti memiliki kendaraan dinas berupa sepeda motor. Tujuannya, agar memudahkan mobilitas baik saat patroli maupun pengamanan. Begitu pula dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), yang memiliki sederetan moge dengan masing-masing fungsinya.

Diketahui ada beberapa moge dari beberapa merek yang digunakan, seperti Harley-Davidson, Honda, Yamaha, BMW, Kawasaki, dan Victory Motorcycles.

Baca juga: 7 Moge yang Harganya Selangit, Tembus Rp 7 Miliar

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safeti Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan, ada beberapa fungsi dari sederetan moge sangar milik Polri, untuk di Jakarta.

Sejumlah anggota polwan dari Brigade Motor Mojang Lodaya Polda Jawa Barat menyuguhkan aksi akrobatik di atas motor gede di depan ribuan peserta Milenial Road Safety Festival 2019 di Alun-Alun Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Minggu (17/3/2019).KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah anggota polwan dari Brigade Motor Mojang Lodaya Polda Jawa Barat menyuguhkan aksi akrobatik di atas motor gede di depan ribuan peserta Milenial Road Safety Festival 2019 di Alun-Alun Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Minggu (17/3/2019).

"Harley-Davidson digunakan untuk peragaan Polwan. Sedangkan Yamaha Diversion XJ900P, digunakan untuk patroli dan pelayanan masyarakat," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, untuk kendaraan lainnya, digunakan untuk pengawalan tamu negara, presiden, dan wakil presiden.

Baca juga: 5 Pilihan Moge Murah, Di Bawah Rp 100 Juta

Selain Harley-Davidson Electra Glide dan Yamaha XJ900P, Polri juga menggunakan Yamaha FJR 1300, Honda Gold Wing, Vctory Vision, Victory Commander Police, BMW R 1200 GS, BMW R 1200 RT, BMW K 1600 B, dan Kawasaki Z900.

Kapasitas mesin terkecil yang digunakan adalah 892 cc pada XJ900P. Sedangkan kapasitas mesin terbesar, dimiliki Gold Wing dengan 1.832 cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.