Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tenaga Besar, Ini Fungsi dari Moge Polisi Indonesia

Kompas.com - 03/02/2020, 14:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kepolisian pasti memiliki kendaraan dinas berupa sepeda motor. Tujuannya, agar memudahkan mobilitas baik saat patroli maupun pengamanan. Begitu pula dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), yang memiliki sederetan moge dengan masing-masing fungsinya.

Diketahui ada beberapa moge dari beberapa merek yang digunakan, seperti Harley-Davidson, Honda, Yamaha, BMW, Kawasaki, dan Victory Motorcycles.

Baca juga: 7 Moge yang Harganya Selangit, Tembus Rp 7 Miliar

Aiptu Bambang Margono, Instruktur Safeti Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan, ada beberapa fungsi dari sederetan moge sangar milik Polri, untuk di Jakarta.

Sejumlah anggota polwan dari Brigade Motor Mojang Lodaya Polda Jawa Barat menyuguhkan aksi akrobatik di atas motor gede di depan ribuan peserta Milenial Road Safety Festival 2019 di Alun-Alun Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Minggu (17/3/2019).KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah anggota polwan dari Brigade Motor Mojang Lodaya Polda Jawa Barat menyuguhkan aksi akrobatik di atas motor gede di depan ribuan peserta Milenial Road Safety Festival 2019 di Alun-Alun Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Minggu (17/3/2019).

"Harley-Davidson digunakan untuk peragaan Polwan. Sedangkan Yamaha Diversion XJ900P, digunakan untuk patroli dan pelayanan masyarakat," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, untuk kendaraan lainnya, digunakan untuk pengawalan tamu negara, presiden, dan wakil presiden.

Baca juga: 5 Pilihan Moge Murah, Di Bawah Rp 100 Juta

Selain Harley-Davidson Electra Glide dan Yamaha XJ900P, Polri juga menggunakan Yamaha FJR 1300, Honda Gold Wing, Vctory Vision, Victory Commander Police, BMW R 1200 GS, BMW R 1200 RT, BMW K 1600 B, dan Kawasaki Z900.

Kapasitas mesin terkecil yang digunakan adalah 892 cc pada XJ900P. Sedangkan kapasitas mesin terbesar, dimiliki Gold Wing dengan 1.832 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com