Ini Akibatnya jika Malas Mengecek Oli Mesin Sepeda Motor

Kompas.com - 02/02/2020, 09:32 WIB
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri. tqnMengganti oli bisa dilakukan sendiri.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Oli mesin pada kendaraan mempunyai peran yang sangat vital. Fungsinya, yakni untuk melumasi sejumlah komponen pendukung lainnya.

Tidak hanya itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin sekaligus untuk menyekat setiap bagian di dalam mesin. Selain itu, mampu mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin.

Oli juga mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya goresan dan keausan pada mesin. Maka dari itu, kondisi oli harus diperhatikan, salah satunya dengan melakukan penggantian secara rutin.

Jangan malas dalam melakukan penggantian oli, karena jika sampai kendaraan kehabisan akibatnya bisa fatal.

Baca juga: Benarkah Motor Tanpa Kick Starter Rawan Aki Soak?

Kepala Mekanik AHASS Honda Cahaya Sakti Motor, Sragen, Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo mengatakan, motor yang kehabisan oli bisa merusakan bagian dalam mesin.

“Mulai dari piston, ring piston, poros engkol, dan bagian yang lainnya. Sehingga akibatnya memang sangat parah karena menyebabkan aus pada beberapa komponen,” kata Joko kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

Penggantian oli mesin untuk sepeda motor skutikOtomania/Setyo Adi Penggantian oli mesin untuk sepeda motor skutik

Joko juga mengatakan, jika kerusakan cukup parah mau tidak mau harus dilakukan bongkar mesin atau turun mesin. Biaya pengerjaannya pun tidak sedikit, karena bisa mencapai jutaan rupiah.

“Ya kalau sampai harus turun mesin biayanya lumayan besar bisa mencapai jutaan rupiah tergantung bagian yang rusak. Karena banyak bagian yang harus diganti,” ujarnya.

Baca juga: Mobil Ditinggal Liburan, Perlu Cabut Aki atau Tidak?

Kisaran tersebut untuk motor yang masih menggunakan karburator. Joko menambahkan, jika motor sudah menganut sistem injeksi maka biayanya akan lebih besar.

bongkar cvtFathan bongkar cvt

“Jika kerusakan itu terjadi pada motor yang sudah injeksi maka biayanya juga akan lebih besar lagi,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X