Lakukan Ini jika Motor Jarang Dipakai

Kompas.com - 02/02/2020, 09:02 WIB
Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar. 7leopold7.comBeberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kalanya karena suatu hal, sepeda motor jadi jarang dipakai. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika ingin mendiamkan motor tidak dipakai dalam waktu lama.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM mengatakan, motor yang jarang dipakai akan membuat aki cepat soak. Sebab baterai akan tetap menyuplai arus ke beberapa komponen walau jumlahnya kecil.

Baca juga: Efek Samping Isi Bensin yang Salah pada Motor Injeksi

"Kalau ingin lama tidak dipakai, dan bisa bongkar motor sendiri, baiknya terminal aki dilepas. Tapi kalau sudah nanggung tidak dilepas, maka sebelum dipakai lagi, akinya di-charge dulu di luar supaya voltasenya penuh dulu," kata Wahyu kepada Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

Selain aki, jika memang ingin mendiamkan motor dalam waktu lama maka menguras bensin di dalam tangki. Sebab bensin yang terlalu lama di tangki akan mengendap dan membuat fuel pump tidak bekerja.

"Parahnya unit injeksi fuel pump bisa macet kalau berbulan bulan tidak dipake," katanya.

Baca juga: Apa Betul Isi Bensin Motor Injeksi Wajib Ron 92?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat mengatakan, bensin yang terlalu lama mengendap di dalam tangki akan kurang baik untuk pembakaran.

"Kadar oktan bisa menurun jika BBM terlalu lama mengendap di dalam tangki," ucap Herman.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X