Tol Layang Japek Diperbaiki, Guncangan Mobil Berkurang

Kompas.com - 29/01/2020, 19:24 WIB
Sejumlah kendaraan petugas jalan tol melintas di area pengerjaan perbaikan sisi sambung jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). PT Jasa Marga melakukan pembenahan dengan perbaikan siar muai (expansion joint) di puluhan titik Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), jelang beroperasi fungsional pada 20 Desember 2019. ANTARA FOTO/Risky AndriantoSejumlah kendaraan petugas jalan tol melintas di area pengerjaan perbaikan sisi sambung jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). PT Jasa Marga melakukan pembenahan dengan perbaikan siar muai (expansion joint) di puluhan titik Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), jelang beroperasi fungsional pada 20 Desember 2019.
|

BANDUNG, KOMPAS.com – Akhir tahun lalu tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) sudah dioperasikan secara fungsional untuk mengurangi kemacetan lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Tol layang Japek sempat mendapat kritikan karena kondisinya yang bergelombang dan tidak nyaman dilalui. Meski mobil melaju sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan.

Jasa Marga pernah mengkonfirmasi bahwa sambungan jembatan (expansion joint) belum rata, dan akan dirapikan beberapa hari usai libur Nataru berakhir.

Baca juga: Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru

VW Tiguan Allspace coba melintasi tol layang JapekKompas.com/Dio VW Tiguan Allspace coba melintasi tol layang Japek

Kompas.com  berkesempatan melintasi tol layang Japek yang telah mendapat perbaikan, dalam acara “VW Tiguan Allspace to Kawah Putih Bandung Selatan”, pada Rabu (29/1/2020).

Selama melintasi jalur tersebut kami merasakan sejumlah perbedaan, terutama jika dibanding saat lewat tol layang Japek saat awal diresmikan Desember 2019.

Bagian sambungan jembatan rupanya sudah lebih halus, dan ketika dilewati tidak membuat mobil berguncang dengan keras. Penumpang di dalam mobil pun merasa cukup nyaman.

Baca juga: Ditilang Saat Pakai Motor Trail Kompetisi, Siap-siap Pulang Jalan Kaki

Tampak belakang VW Tiguan Allspace saat mencoba tol layang JapekKompas.com/Dio Tampak belakang VW Tiguan Allspace saat mencoba tol layang Japek

Meski begitu, perbaikan expansion joint di tol layang sepanjang 36,4 km ini belum mulus sempurna. Terpantau perbaikan masih terus dilakukan oleh pihak Jasa Marga.

Saat kami lewati, perbaikan sudah terasa sejak km 10 saat masuk tol layang Japek, hingga sekitar km 22.

Sisanya masih sama seperti ketika baru dibuka, guncangan keras masih terasa ke dalam kabin. Begitu juga dengan lapisan aspal yang belum mulus sempurna, karena masih bergelombang.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Menyalakan Motor Injeksi dengan Benar?

Tol Layang Jakarta-CikampekTol Layang Jakarta-Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Fathur Rozaq, Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya, selaku kontraktor tol layang Japek, mengatakan jika pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan pada jalan tersebut.

“Masih on process, dievaluasi dari aspek teknis, mutu dan traffic, sambil paralel di beberapa titik lokasi berjalan penyempurnaan,” ujarnya kepada Kompas.com (29/1/2020).

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X