Motor Listrik Tidak Sepenuhnya Bebas Perawatan

Kompas.com - 29/01/2020, 13:42 WIB
Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama KOMPAS.com/GilangKomparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan yang mengklaim produk kendaraan listriknya bebas perawatan. Namun, kendaraan listrik tidak sepenuhnya bebas perawatan.

Kendaraan listrik memang tidak dibekali dengan oli mesin, oli transmisi, atau radiator, yang membutuhkan perawatan secara berkala.

Akan tetapi, tetap ada beberapa komponen yang perlu dilakukan perawatan secara rutin.

Baca juga: Motor Listrik Bebas Pajak BBNKB, Parkir Juga Gratis

Beberapa komponen tersebut, antara lain, kampas rem, minyak rem, dan ban. Meskipun, periode penggantiannya tidak semuanya dilakukan secara berkala.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memang benar kendaraan listrik tetap butuh perawatan, tapi kalau kampas rem itu periodiknya lama sekali," ujar Frengky Osmond, Marketing Communication Supervisor PT Triangle Motorindo (Viar), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Frengky menambahkan, apalagi, motor listrik cuma bisa melaju sekitar 60 kilometer per jam. Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah melumasi komponen-komponen yang bergesekan secara berkala.

Baca juga: Bebas Pajak, Produsen Motor Listrik Tambah Investasi untuk Produksi

"Contohnya, seperti bagian hub atau engine, itu berputar terus. Pelumasannya juga cukup disemprot dengan lubricant," kata Frengky.

Untuk minyak rem, umumnya tiap pabrikan menyarankan penggantian minyak rem setiap dua tahun atau setiap 20.000 km, mana yang dicapai lebih dulu.

Sedangkan untuk penggantian kampas rem dan ban, bisa tergantung dari cara berkendara, medan yang dilalui, dan jarak tempuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.