Motor Listrik Bebas Pajak BBNKB, Parkir Juga Gratis

Kompas.com - 27/01/2020, 16:22 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi (kanan) dan Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa menjajal skuter listrik Viar Q1 saat acara pelepasan Gunadi ke Himaya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (26/8/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi (kanan) dan Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa menjajal skuter listrik Viar Q1 saat acara pelepasan Gunadi ke Himaya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.comKendaraan listrik rencananya akan mendapat sejumlah keistimewaan dan insentif khusus yang diberikan pemangku kebijakan, agar penggunaannya makin ramai di masyarakat.

Meski belum begitu populer, sepeda motor listrik mulai diminati oleh masyarakat perkotaan. Buktinya ditandai dengan munculnya beragam merek motor listrik yang menjual produknya di Indonesia.

Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan, pihaknya akan memberikan sejumlah keistimewaan bagi pengguna sepeda motor listrik.

Baca juga: Ganti Kunci Immobilizer Bisa Habis Jutaan Rupiah, Ini Alasannya

Sejumlah pengendara sepeda motor melanggar jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (22/11/2019). Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dishub DKI Jakarta mulai menerapkan aturan jalur sepeda dengan memberikan sanksi denda tilang maksimum Rp500 ribu hingga penderekan kendaraan bagi pengendara kendaraan bermotor yang melanggar jalur sepeda.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Sejumlah pengendara sepeda motor melanggar jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (22/11/2019). Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dishub DKI Jakarta mulai menerapkan aturan jalur sepeda dengan memberikan sanksi denda tilang maksimum Rp500 ribu hingga penderekan kendaraan bagi pengendara kendaraan bermotor yang melanggar jalur sepeda.

“Nanti masyarakat yang akan menggunakan selama di jalan mungkin akan ada jalur khusus, atau tarif parkirnya bisa gratis,” ujar Budi, Senin (27/1/2020).

Budi mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polri untuk menyiapkan insentif khusus bagi pengguna motor listrik. Salah satunya lewat parkir gratis.

“Makanya saya minta kepada Polri untuk sepeda motor listrik atau electric vehicle seperti itu ditandai dengan warna dasar plat kendaraan yang berbeda TNKBnya,” katanya.

“Supaya petugas parkir atau Kepolisian tahu, sehingga nanti insentif apa yang akan diberikan langsung bisa, polisi sudah siap. Rencananya berdasarkan rapat terakhir khusus kendaraan listrik murni,” ucap Budi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X