Mengendarai Camper Van dan RV, Bisa Pakai SIM Apa?

Kompas.com - 27/01/2020, 18:42 WIB

BOGOR, KOMPAS.com – Mengemudikan kendaraan roda empat tentunya harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Begitu juga dengan mengemudikan Recreational Vehicle (RV), namun karena dimensinya yang besar, apakah bisa menggunakan SIM A?

Winston Wiyanta, Managing Director dari karoseri Delima Jaya Group yang membuat RV dan camper van mengatakan kalau SIM harus sesuai dengan tipe kendaraan yang dijadikan RV tersebut.

“SIM pengemudi harus disesuaikan dengan tipe kendaraannya. Jika basis RV nya dari truk empat ban, maka pengemudinya harus memiliki SIM B. Jika basisnya dari Toyota Hiace, VW Transporter dan setara, bisa menggunakan SIM A saja,” ucap Winston kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Baca juga: Hitung Biaya Membuat Mobil RV dan Camper Van dengan Basis Truk

eksterior hiace motor homeKompas.com/Fathan Radityasani eksterior hiace motor home

Menurut Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mengenai Bentuk dan Penggolongan Surat Izin Mengemudi SIM A dan SIM B memiliki perbedaan berapa berat kendaraan yang boleh dikendarai.

SIM A berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram.

Sedangkan untuk SIM B1 berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.