Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Membuat Mobil RV dan Camper Van dengan Basis Truk

Kompas.com - 25/01/2020, 09:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Jika Recreational Vehicle (RV) dan camper van dari basis Gran Max masih dirasa kecil, sekarang saatnya bahas kendaraan yang lebih besar dari itu.z

Untuk mobil RV berukuran sedang, bisa memanfaatkan sasis dari truk ringan (light truck) empat roda dengan long wheel base. Pilihannya, bisa dari Mitsubishi Fuso atau Isuzu.

Winston Wiyanta, Managing Director Delima Jaya Group, mengatakan, pilihan yang bisa digunakan adalah sasis dari Isuzu NLR 55 TLX atau Mitsubishi Fuso FE 71 L.

Baca juga: Mau Bikin Mobil Rumah, Ini Mobil yang Disarankan

mercedes sprinter delima jayaKompas.com/Fathan Radityasani mercedes sprinter delima jaya

“Kedua sasis truk tersebut bisa digunakan sebagai dasar dari RV. Harga sasisnya berkisar di Rp 295 juta, untuk pembuatan karoseri dan modifikasi berkisar dari Rp 175 juta-Rp 255 juta," kata Winston kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, rentang harga yang dikeluarkan masih bisa lebih besar lagi, tergantung dari kebutuhan pembeli dengan barang-barang yang mau  digunakan di mobil RV pesanannya.

Pilihan selanjutnya, kata Winston, adalah membuat camper van menggunakan basis dari mikrobus, seperti Toyota Hiace, Mercedes-Benz Vito, dan VW Transporter. Jika masih kurang luas, ada satu pilihan kendaraan lain yang bisa jadi alternatif, yakni Mercedes-Benz Sprinter. 

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah | Perbandingan Harga Ertiga dan XL7

“Biaya yang dikeluarkan hanya untuk modifikasinya (camper van) saja, tidak termasuk harga mobil (mikrobus). Untuk Hiace dan yang setara itu, rentang biaya modifikasinya dari Rp 35 juta - Rp 75 juta. Sedangkan untuk Sprinter ada di Rp 65 juta- Rp 115 juta,” kata Winston.

Winston juga menambahkan biaya tersebut sudah termasuk pengurusan ijin jalan untuk kendaraan RV dan camper van.

“Untuk surat-surat sudah dibantu dan dilengkapi oleh Delima Jaya, karena kami sudah memiliki SKRB nya,” ucap Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com