Terjadi Lagi, Mobil Parkir di Atas Rel Kereta Api Solo

Kompas.com - 06/01/2020, 17:22 WIB
Mobil parkir di atas perlintasan kereta api di Solo, Jawa Tengah. Ari PurnomoMobil parkir di atas perlintasan kereta api di Solo, Jawa Tengah.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Perilaku pemilik mobil yang nekat parkir di atas perlintasan kereta api di kawasan Jalan Mayor Sunaryo, Solo, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi. Akibat parkir yang tidak pada tempatnya itu membuat perjalanan kereta api Batara Kresna terganggu karena harus berhenti menunggu mobil dipindahkan.

Kejadian ini direkam oleh salah seorang warga dan diunggah melalui instagram @ ics.infocahsolo. Sejak diunggah kemarin, video tersebut sudah dilihat lebih dari 40.600 penonton.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Seperti nya tidak ada yg kapok ya parkir di atas rel gitu ?? Kiro2 menurut mu pye lur ... . ???? Depan BTC Gladak Solo . Kiriman @Jhonsantos320 . #ics #infocahsolo

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??s ???? ??? s??? (@ics.infocahsolo) pada 4 Jan 2020 jam 2:05 PST

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno menyayangkan perilaku tidak tertib rambu lalu lintas tersebut. Menurutnya, selama ini Dishub sudah tidak kurang-kurang dalam memasang rambu di kawasan pusat perbelanjaan itu.

“Rambunya sudah cukup banyak, mulai dari dilarang parkir, dilarang berhenti, kawasan perlintasan kereta api. Selain itu, kami juga sudah memasang pengeras suara di kawasan itu,” katanya kepada KOMPAS.com, Senin (6/1/2020).

Baca juga: Mobil Parkir di Atas Rel Kereta, Bakal Digembok dan Denda Rp 100.000

Pengeras suara itu, lanjut Hari, ditujukan untuk memberitahukan kepada pemilik mobil agar tidak parkir di atas perlintasan kereta api. Mengingat, perlintasan tersebut masih aktif dan sewaktu-waktu dilintasi kereta api.

“Petugas kami sebenarnya sudah memberitahukan melalui pengeras suara yang ada di sana. Tetapi, sepertinya juga tidak ngefek dan masih saja nekat parkir,” katanya.

Mobil parkir di atas perlintasan rel kereta api di jalan Mayor Sunaryo, Solo, Jawa Tengah. Mobil yang nekat parkir sering mengganggu perjalanan kereta api Bathara Kresna jurusan Purwosari-Wonogiri.Ari Purnomo Mobil parkir di atas perlintasan rel kereta api di jalan Mayor Sunaryo, Solo, Jawa Tengah. Mobil yang nekat parkir sering mengganggu perjalanan kereta api Bathara Kresna jurusan Purwosari-Wonogiri.

Bahkan, Hari menambahkan, pihaknya juga sudah sempat menurunkan posisi rambu di kawasan tersebut. Dengan harapan, para pemilik mobil bisa lebih memperhatikannya.

“Tetapi ternyata sama saja, masih ada yang parkir di atas rel. Memang kebanyakan dari luar kota Solo dan ini cukup mengganggu karena kawasan itu larangan untuk parkir,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto juga menyayangkan perilaku para pemilik mobil yang tidak taat aturan itu. Pasalnya, perilaku tersebut turut berimbas pada perjalanan kereta api Batara Kresna.

Baca juga: Parkir di Atas Rel, Pemilik Mobil Hanya Ingin Praktis

“Jelas kami dirugikan, karena perjalanan kereta api jurusan Purwosari-Wonogiri itu menjadi terganggu, karena kereta terhenti dan menunggu mobil dipindahkan,” ungkapnya.

Eko pun berharap kesadaran para pemilik mobil yang sedang berbelanja di kawasan tersebut agar parkir di kantong parkir yang sudah disediakan. Mengingat, selama ini ada beberapa kantong parkir bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kalau ada pemilik mobil yang hendak parkir, warga yang ada di sekitar juga bisa melakukan edukasi agar tidak parkir di atas rel kereta api,” ucapnya.

Baca juga: Parkir di Atas Rel Kereta Api Bisa Dijerat dengan Undang-Undang

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X