Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Japek Masih Tergenang, Arus Balik ke Jakarta Dialihkan Keluar Tol

Kompas.com - 01/01/2020, 16:40 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih tergenang pasca-hujan lebat semalam (31/12/2019). Kendaraan yang melintas balik ke arah Jakarta maupun Cikampek terpaksa dialihkan keluar dari jalan tol.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Twitter resminya mengabarkan, pada pukul 15.59 WIB sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih banjir. Bahkan tidak sedikit ruas yang belum bisa dilintasi kendaraan sehingga mengganggu lalu lintas.

Baca juga: Banjir, Jasa Marga Tutup Sejumlah Gerbang Tol

 

Beberapa titik genangan air di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek terjadi pada ruas Cikarang Barat Jalur atas KM 31-Cibitung Km 25, Karawang Timur-Karawang Padat, Cibatu KM 33-Cibitung Km 25, sampai Bekasi Barat Km13-Tambun Km 19.

"Beberapa titik terdampak karena luapan air di sekitar kawasan luar tol yang saat ini juga tergenang air," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1/2020).

Berikut beberapa titik-titik genangan air di Jalan Tol Jakarta-Cikampek:

- Km 24 B (Cibitung) arah Jakarta, kendaraan dikeluarkan ke akses Cibitung.

- KM 19 A (Tambun) arah Cikampek, kendaraan dikeluarkan ke Bekasi Timur, satu lajur dapat dilintasi hanya untuk kendaraan besar (non golongan 1).

- KM 9A & 9 B (Jatibening) arah Jakarta dan Cikampek, saat ini lajur 3 dan lajur 4 dapat dilintasi kendaraan besar dan golongan I kendaraan non sedan.

-Km 00 (Halim-Cawang) arah Kb Nanas tidak dapat dilalui ada genangan air.

Baca juga: Jakarta Banjir, Ini Daftar SPBU yang Tutup Sementara

Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)SYIFA NURI KHAIRUNNISA Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)

Sementara Km 9 (Jatibening) di kedua jalur balik arah Jakarta maupun Cikampek saat ini telah kering dan lalu lintas berangsur normal. Pengguna jalan dari arah Cawang juga dapat mengakses kembali Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated arah Cikampek.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi pola perjalanan hari ini. Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com