Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2020, 11:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penutupan sementara beberapa Gerbang Tol (GT) di beberapa ruas jalan tol.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) menyatakan bahwa kondisi ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin (31/12/2019).

"Melanjutkan info mudik Nataru no 01 dan 02 tahun 2020, Jasa Marga akan menutup sementara beberapa GT secara situasional, diantaranya Jalan tol Jakarta-Cikampek, Jalan tol JORR Non S, Jalan tol JORR Ulujami-Pd Aren, Jalan tol Dalam Kota, dan Jalan tol Kunciran-Serpong," katanya di keterangan resmi, Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Baca juga: Daftar Jalan yang Tidak Bisa Dilintasi Kendaraan Akibat Banjir

Caption : Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. KOMPAS/AGUS SUSANTO AGUS SUSANTO Caption : Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. KOMPAS/AGUS SUSANTO

Kemudian, Jasa Marga juga mengalihkan arus dari arah Bekasi menuju Cawang ke Jalan Tol JORR untuk menghindari genangan yang terjadi di wilayah Jatibening KM 9 yang setinggi 10-15 cm.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mencari akses terdekat lainnya untuk bisa melanjutkan perjalanan dan tetap berhati-hati," ujar Dwimawan.

Ilustrasi banjir di Jakarta.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Ilustrasi banjir di Jakarta.

Berikut detail beberapa GT yang harus ditutup sementara:

Jalan Tol Jakarta-Cikampek:
GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cibitung 1 & 2, GT Tambun, GT Cikarang Barat 5, GT Cikarang Timur arah Jakarta dan GT Cibatu.

Jalan Tol JORR Non S:
GT Cikunir 4

Jalan Tol Dalam Kota:
GT Tanjung Duren, GT Jelambar 2, GT Angke 2, GT Slipi 1, GT Tebet 1, GT Senayan, GT Cawang, GT Kuningan 1

Jalan Tol JORR Ulujami-Pd Aren:
GT Pd Ranji Utama arah BSD

Jalan Tol Kunciran-Serpong:
GT Serpong 1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com