Jakarta Banjir, Ini Daftar SPBU yang Tutup Sementara

Kompas.com - 01/01/2020, 15:45 WIB
Ilustrasi SPBU k9-11Ilustrasi SPBU
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memutuskan menghentikan operasi beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya secara sementara akibat banjir.

Meski demikian, Unit Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami menyatakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di beberapa SPBU lainnya dipastikan aman.

"Sebelumnya, beberapa SPBU di Jakarta dan sekitarnya telah mendapatkan pasokan BBM penuh jelang pergantian tahun kemarin. Kemudian, pasokan BBM untuk SPBU dan LPG dari Integrated Terminal Jakarta juga tetap berjalan normal saat ini walau terjadi genangan air di beberapa ruas jalan," katanya melalui keterangan resmi, Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Baca juga: Banjir, Jasa Marga Tutup Sejumlah Gerbang Tol

Sejumlah rumah, mobil dan fasilitas umum terendam banjir dan sebagian warga dibantu petugas mengungsi ke posko yang disediakan di sekitar lokasi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (1/1/2019).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah rumah, mobil dan fasilitas umum terendam banjir dan sebagian warga dibantu petugas mengungsi ke posko yang disediakan di sekitar lokasi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (1/1/2019).

"Pada Integrated Terminal Jakarta terdapat Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Priok, dan LPG Terminal Priok yang menjadi jalur distribusi LPG subsidi 3KG ke wilayah Jabodetabek," lanjut Dewi.

Keputusan memberhentikan operasional beberapa SPBU sendiri, menurut Dewi, ialah karena ketinggian banjir mencapai 30-50 cm. Lagipula, aliran listrik SPBU juga harus dipadamkan demi menjaga keamanan dan keselamatan.

"Beberapa jaringan listrik dimatikan, karena faktor keselamatan. Namun demikian, saat ini warga Jakarta juga tidak banyak beraktivitas karena akses jalan terhambat," kata Dewi.

Banjir di kompleks BTN, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (1/1/2020) siang.Nicholas Ryan Aditya Banjir di kompleks BTN, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (1/1/2020) siang.

Berikut daftar beberapa SPBU yang untuk sementara tidak beroperasi:

1. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

2.SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat.

3. SPBU 3411502 di Jalan Panjang Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

3. SPBU 3110702 di Jalan H. Samanhudi, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

5.SPBU 3410507 di Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

6. SPBU 3413202, di Pulogadung, Jakarta Timur.

7. SPBU 3413205 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X