Inovasi Baru, Bengkel Bodi dan Cat Auto2000 Tanpa Oven

Kompas.com - 29/11/2019, 09:02 WIB
Teknologi Ovenless diperkenalkan Auto2000 untuk memberi kemudahan pelayanan bagi konsumen Auto2000Teknologi Ovenless diperkenalkan Auto2000 untuk memberi kemudahan pelayanan bagi konsumen

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Layanan purna jual yang memenuhi kebutuhan pelanggan dimanapun berada menjadi standar yang ingin diraih oleh Auto2000. Jaringan penjualan Toyota terbesar ini menawarkan layanan Body & Paint (BP) untuk kebutuhan perawatan kendaraan milik pelanggannya.

Termasuk di wilayah Kalimantan khususnya di kota Balikpapan yang memiliki potensi pasar besar. Auto2000 BP Balikpapan menghadirkan inovasi yang memenuhi kebutuhan perawatan cat dan bodi kendaraan tanpa oven, terutama untuk wilayah-wilayah terpencil.

Auto2000 BP Balikpapan menghadirkan inovasi pengecatan dan perbaikan kendaraan bernama teknik Ovenless. Ovenless adalah layanan terbaru BP Balikpapan dengan memanfaatkan bahan cat mutakhir tanpa proses oven sehingga proses kerja bisa cepat selesai.

Inovasi ini sudah dikenalkan sejak Juni 2019 lalu. Layanan ini sudah dijalankan di BP clinic Auto2000 yang ada di Toyota Service Station (ToSS) Grogot, Kalimantan yang terletak sekitar 160 kilometer dari Balikpapan.

Baca juga: Strategi Auto2000 Kenalkan Mobil Hybrid ke Kaum Milenial

"Kami memang menargetkan pengerjaan perbaikan bodi kendaraan dapat selesai dalam waktu empat sampai delapan jam untuk pengerjaan satu sampai empat panel, sehingga memberikan keuntungan bagi pelanggan. Alat yang diperlukan juga terhitung tidak sebanyak bila menggunakan oven biasa," ucap Wahyu Prajitno, Kepala Bengkel Auto2000 BP Balikpapan, Rabu (27/11/2019).

Sebagai gambaran, untuk mempersiapkan bengkel BP dengan fasilitas oven memerlukan investasi hingga Rp 624 juta. Teknologi Ovenless ini memangkas biaya investasi hanya dengan Rp 85 juta-an yang ditambah biaya perawatan yang lebih murah.

"Meski lebih murah kualitas perbaikan tetap sesuai standar yang ditetapkan oleh Toyota. Ini berkat penggunaan bahan yang cepat kering sehingga tidak memerlukan proses pengeringan oven yang memakan waktu lama," ucap Wahyu.

Auto2000 sendiri tengah berusaha membuat teknologi Ovenless ini tersedia bagi konsumen yang tidak memungkinkan untuk datang ke bengkel BP serta dikembangkan di seluruh jaringan bengkel BP Auto2000 di seluruh Indonesia.

Baca juga: Astrido Tempel Posisi Auto2000 dalam Kepuasan Layanan Pelanggan

Terkait ToSS, ini merupakan inovasi untuk melayani konsumen Toyota yang tersebar di Kalimantan dan kesulitan menjangkau layanan karena kondisi geografis. Berkat ToSS, konsumen yang memerlukan perawatan untuk kendaraannya dapat dilayani dengan baik.

"Fasilitas ini memungkinkan pelanggan mendapatkan layanan prima dari Auto2000. ToSS di Kalimantan ini juga menerima layanan penjualan sekitar 15 sampai 20 unit per bulan," ucap Kepala Cabang Diler Auto2000 Balikpapan Sudirman, M Jainuri.

Raih Penghargaan

Berkat inovasi teknologi Ovenless ini, Auto2000 Balikpapan mendapatkan penghargaan berupa juara 1 Regional Kaizen Innovation Marathon "Best Kaizen" tahun 2016, juara 1 Regional Kaizen Innovation Marathon "Best Kaizen" tahun 2017 dan juara umum Innovasi2000 serta NKIM Best Innovation tahun 2018.

Terbaru, pada Rabu (28/11/2019), inovasi ini diakui Toyota Motor Asia Pacific sebagau The Most Excellence Award.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X