Seperti Apa Sirkuit Mandalika jika Tidak Buat Balapan?

Kompas.com - 25/11/2019, 07:42 WIB
Mandalika di Nusa Tenggara Barat Dok. Bina MargaMandalika di Nusa Tenggara Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Grand Prix Association ( MGPA) terus mengebut pendirian Sirkuit Mandalika. Pembangunan dijadwalkan rampung pada Desember 2020 sehingga siap untuk tes pra-musim MotoGP 2021.

Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit dengan karakter jalan raya yang pertama dipakai di MotoGP. Ketika tidak digunakan untuk event balap, sirkuit akan menjadi jalan kawasan yang diperuntukkan umum.

Baca juga: Semua Pebalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 Bakal Jajal Sirkuit Mandalika

CEO MGPA Ricky BaheramsjahKOMPAS.com/Gilang CEO MGPA Ricky Baheramsjah

Meski demikian, menurut CEO MGPA Ricky Baheramsjah, tidak semua kendaraan bisa melalui area sirkuit karena aspalnya merupakan aspal khusus. Beberapa kendaraan yang tidak boleh melintas ialah yang bertonase berat.

"Kami punya spesial SOP (standar operasional prosedur), tidak untuk kendaraan berat, truk, dan kendaraan konstruksi, hanya kendaraan kecil seperti mobil dan motor. Sebab, trek ini dibangun dengan standar baku yang sangat tinggi," kara Ricky, akhir pekan lalu.

Baca juga: Komentar Mick Doohan Lihat Simulasi Sirkuit Mandalika

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)

Ricky menerangkan, keunggulan Sirkuit Mandalika ialah dibuat dari awal sebagai sirkuit jalan raya sehingga bagian pendukung, seperti paddock dan lainnya, ikut menyesuaikan. Bahkan saat tidak digunakan sebagai sirkuit, beberapa bagian tetap akan ada jalur pejalan kaki.

"Ya dan bagusnya sirkuit ini kan dirancang sejak awal, jadi kami bisa membangun apa saja, mulai dari underpass, dan jalur alternatif di sekitar kawasan Mandalika, bahkan jalur di sekitar sirkuit itu sendiri," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X