Komentar Mick Doohan Lihat Simulasi Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 24/11/2019, 08:02 WIB
Mick Doohan KOMPAS.com/GilangMick Doohan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mick Doohan, juara dunia lima kali GP 500 sekaligus legenda balap dunia datang ke Indonesia melihat prosesi launching MGPA dan pre order tiket MotoGP Indonesia 2021.

Doohan pun ikut melihat simulasi menaklukan Sirkuit Mandalika yang dipertontonkan di kawasan area parkir Lot 17 SCBD. Menurutnya desain Sirkuit Madalika memiliki karakter yang cukup bagus.

Baca juga: Mick Doohan Hadir di Pra-Peluncuran GP Mandalika

"Simulasi ini tidak hanya menggambarkan soal Lombok atau Mandalika tapi juga mengenai MotoGP itu sendiri. Ini adalah murni akselerasi, kecepatan, dan murni balapan. Jadi saya lihat sejauh ini sangat bagus," katanya di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Saat nanti digunakan, Sirkuit Mandalika akan jadi sirkuit jalan raya pertama di MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang 4,32 km dengan jumlah 18 tikungan. Keunikan sirkuit ini hanya memiliki satu lintasan lurus.

Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta. Kompas.com/Josephus Primus Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC), Abdulbar M Mansoer, memastikan Sirkuit Mandalika akan selesai dibangun pada akhir 2020 mendatang.

Saat ini Sirkuit Mandalika sudah memasuki tahap ground working badan jalan yang telah mencapai 30 persen. Pengaspalan dimulai Januari 2020, dan kemudian dilanjutkan dengan upgrading jadi lintasan balap.

Baca juga: Harga Tiket MotoGP Mandalika Bervariasi, Ini Penjelasannya

ITDC dan MGPA memastikan pembangunan sirkuit dapat selesai akhir 2020 sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim balap 2021 dimulai.

"Setelah selesai, Dorna telah menunjuk Sirkuit Mandalika untuk menggelar pra musim MotoGP 2021. Ini merupakan pertama dan kehormatan meski saat ini sirkuit masih dalam pembangunan," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X