Tiga Bebek Retro Honda yang Naik Daun

Kompas.com - 17/11/2019, 10:01 WIB
Honda Astrea Grand Bulus Foto: YoutubeHonda Astrea Grand Bulus
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bebek retro sedang gandrung beberapa tahun terakhir. Dari sekian merek, nama Honda yang paling menonjol dengan model Astrea Series.

Honda Astrea Series pun cukup banyak modelnya dari C700 sampai Astrea Grand. Namun model yang paling sering ditemui di jalan ada tiga yaitu Astrea Star, Astrea Prima, dan Astrea Grand.

Honda Astrea Stardok.Arif Syahbani Honda Astrea Star

1. Astrea Star


Astrea Star hadir pada 1985-1986 dan merupakan sukesor dari Honda C800. Berbeda dengan C800 yang masih serba kotak, maka Start hadir dengan sedikit lekuk.

Lampu depannya bentuk trapesium menjadi ciri khasnya, pun dengan lampu belakang yang cukup besar dan juga berbentuk trapesium. Sayangnya suspensi depan Star masih jadul seperti milik C800.

Pantauan Kompas.com, di salah satu acara otomotif di Parkir Timur Senayan, beberapa waktu lalu, Honda Astrea Star kondisi lumayan sudah dibanderol Rp 8 juta.

Honda PrimaFoto: jbkderry.com Honda Prima

2. Astrea Prima

Prima masuk ke Indonesia pada 1988. Generasi pertamanya didatangkan dari Jepang. Namun kemudian generasi setelahnya dirakit oleh PT Federal Motor. Perbedaannya yang versi CBU masih sistem stater engkol.

Astrea Prima punya banyak nama. Di di Thailand yaitu Cub 100 EX dan di Malaysia Dream EX 5. Motor ini banyak beredar di negara tetangga sebab memang didesain oleh Honda Jepang utnuk market Asia Tenggara.

Secara tampilan Astrea Prima masih mengikuti pakem Star. Bedanya lampu depannya lebih terang, bentuk spakbor depan lebih panjang dan suspensi depan sudah model teleskopik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X